Widget HTML #1

Cara Memperbaiki XAMPP Control Panel Tidak Tampil Saat Dijalankan di Windows

XAMPP adalah lingkungan pengembangan PHP paling populer. XAMPP adalah distribusi Apache yang sepenuhnya gratis dan mudah dipasang yang berisi MariaDB, PHP, dan Perl. Paket open source XAMPP telah diatur agar sangat mudah dipasang dan digunakan.

Kalimat di atas adalah kalimat yang saya copy paste dari laman resminya https://www.apachefriends.org. Sebelum saya copy paste saya terjemahkan otomatis dengan chrome dan hasil terjemahannya tidak saya ubah sedikitpun. Tapi dengan terjemahan itu seharusnya kalian sudah tau apa itu XAMPP. Hmm, namun saya tidak adakan membahas labih jauh tentang apa itu XAMPP, tapi saya akan langsung menjelaskan cara Memperbaiki XAMPP Control Panel Tidak Tampil Saat Dijalankan, atau sering disebut XAMPP Control Panel Hilang. :)

XAMPP Control Panel ini digunakan untuk mengontrol module-module yang ada pada paket XAMPP, seperti start/stop Apache, MySQL, Filezilla, Mercury dan Tomcat. Selain itu juga terdapat tombol-tombol untuk pengeturan lainnya.

Ketika kalian ingin menjalankan XAMPP untuk develop project/aplikasi web, maka biasanya kalian harus menjalankan Apache dan MySQL. Untuk menjalankan keduanya biasanya dilakukan dari XAMPP Contol Panel.

Berikut ini tampilan dari XAMPP Control Panel:
Tampilan XAMPP Control Panel

Ada kalanya XAMPP Control Panel ini tidak muncul dan hanya muncul icon di taskbar. Jika kalian menemukan kasus seperti itu, kalian tidak perlu panik, karena kalian sedang membaca postingan tentang bagaimana Memperbaiki XAMPP Control Panel Tidak Tampil Saat Dijalankan di Windows. :)

OK sekarang bagaimana cara Memperbaiki XAMPP Control Panel Tidak Tampil Saat Dijalankan di Windows? Berikut ini beberapa langkah singkatnya.

Pertama (1) Silahkan kalian buka folder xampp kalian, buka dengna file manager (Windows Explorer)

Tampilan isi folder xampp

Kedua (2) Cari file dengan nama "xampp-control.ini" dan "xampp-control.log", setelah kalian menemukannya, silahkan dihapus kedua file tersebut.

File xampp-control.ini dan xampp-control.log

Ketiga (3) Setelah kedua file tersebut kalian hapus, jalankan ulang XAMPP Control Panel kalian, dan selamat sekarang XAMPP Control Panel sudah tampil kembali.

Nah itulah langkah singkat Cara Memperbaiki XAMPP Control Panel Tidak Tampil Saat Dijalankan di Windows. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.

Jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar postingan ini ya.. Salam...