Widget HTML #1

Menghitung Umur Menggunakan Microsoft Excel (Menggunakan Fungsi DATEDIF)

Dalam pekerjaan sehari-hari di kantor ada kalanya kita membuat tabel yang didalamnya memuat identitas seseorang seperti karyawan dll. Pada tabel yang kita buat mungkin saja ada kolom tanggal lahir dan umur (usia). Masih banyak diantara kita yang mungkin mengisi kolom umur/usia menggunakan ketik manual dengan menghitung manual pula berdasarkan tanggal lahir. Sebenarnya cara tersebut juga tidak salah, tapi kurang efektif.


Masalah akan muncul ketika suatu saat dokumen yang sudah kita input umur itu kita buka di bulan berikutnya atau bahkan tahun berikutnya, maka isian usia/umur pasti tidak akan valid lagi karena tidak otomatis bertambah dengan bertambahnya tahun maupun bulan. Tentu hal tersebut menjadi masalah bukan? untuk itu kita harus mengetahui cara yang lebih efektif untuk menghitung umur/usia secara otomatis menggunakan Microsoft Excel.

Pada Microsoft Excel terdapat fungsi yang dapat menghitung selisih tanggal dalam satuan hari, bulan dan tahun. Fungsi tersebut adalah DATEDIF. Fungsi DATEDIF ini konon sudah lawas sekali sejak Lotus 1-2-3, namun sampai sekarang tetap dapat kita gunakan, meskipun auto complete excel tidak menampilkannya.

Perhatikan gambar berikut ini:

DATEDIF tidak muncul

Dari gambar di atas terlihat fungsi DATEDIF tidak muncul di auto complete Excel 2019, namun tidak perlu khawatir, selagi kita menuliskannya dengan benar maka fungsi tersebut tetap berfungsi.

Adapun format penulisan fungsi DATEDIF adalah sebagai berikut:
=DATEDIF(Tgl_Awal, Tgl_Akhir, Satuan)
Untuk diisi dengan kode informasi yang ingin kita dapatkan. Berikut ini daftar kodenya:
  • "Y" Menghasilkan jumlah total tahun yang sudah berlalu diantara dua tanggal.
  • "M" Menghasilkan jumlah total bulan yang sudah berlalu diantara dua tanggal.
  • "D" Menghasilkan jumlah total hari diantara dua tanggal.
  • "MD" Menghasilkan selisih hari dalam Tgl_Awal dan Tgl_Akhir. Selisih Bulan dan tahun dari tanggal diabaikan.
  • "YM"Menghasilkan selisih bulan dalam Tgl_Awal dan Tgl_Akhir. Selisih Hari dan tahun dari tanggal diabaikan.
  • "YD"Menghasilkan selisih hari dalam Tgl_Awal dan Tgl_Akhir. Selisih Tahun dari tanggal diabaikan.
Perhatikan Contoh berikut:

Menghitung Umur Per Hari Ini (Menampilkan Jumlah Tahun (Y))

Dari contoh penulisan formula di atas akan menghasilkan jumlah umur/usia dalam tahun, adapun hasilnya terlihat seperti pada gambar berikut ini:

Hasil Usia berdasarkan jumlah tahun


Hasil diatas menunjukkan Dadung Awuk yang memiliki tanggal lahir 21/12/2005 saat ini (27/07/2022) telah berumur 16 Tahun. Jika kita ingin menampilkan selisih bulan sisanya kita dapat menggunakan rumus seperti pada gambar berikut ini:

Menghitung selisih bulan di tahun terakhir atau yang diabaikan sebelumnya dengan kode YM

Dari kedua contoh di atas, kita sudah mendapatkan jumlah tahun dengan kode (Y) dan bulan sisanya dengan kode (YM), selanjutnya kita dapat menampilkan informasi yang lebih baik dengan menggabungkan atau memodifikasi rumus menjadi seperti pada gambar di bawah ini:

Hasil Modifikasi Rumus Untuk Menghasilkan Umur dalam Tahun dan Bulan

Dari hasil modifikasi rumus di atas, kita menghasilkan umur dalam tahun dan bulan (16 Tahun 7 Bulan). Dengan fungsi DATEDIF ini kita dapat menggunakan kode sesuai kebutuhan sehingga mendapatkan data yang kita inginkan.

Kita juga dapat membuat kombinasi rumus yang lain untuk mencoba format lainnya. Mungkin kita akan menampilkan umur dalam tahun, bulan dan hari maka tinggal dimodifikasi saja sesuai kebutuhan.

Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan pada kolom komentar di bawah postingan ini.