Widget HTML #1

Cara Install Aplikasi Quantum GIS (QGIS Desktop) di Windows 10

Halo gaess.., apa kabarnya? kali ini admin akan memulai menulis tentang GIS (Geographical Information System) dan khusus akan membahas aplikasi Quantum GIS (GIS Desktop). Sebelum ke pembahasan yang sesuai judul postingan ini yaitu Cara Install Aplikasi Quantum GIS (QGIS Desktop) di Windows 10, tentu alangkah baiknya kita sama-sama baca informasi dari sumber resmi (dokumentasi) dari Quantum GIS berikut ini.


QGIS adalah Sistem Informasi Geografis Sumber Terbuka. Proyek ini lahir pada Mei 2002 dan didirikan sebagai proyek di SourceForge pada bulan Juni tahun yang sama. Kami telah bekerja keras untuk membuat perangkat lunak GIS (yang secara tradisional merupakan perangkat lunak berpemilik yang mahal) tersedia bagi siapa saja yang memiliki akses ke komputer pribadi. QGIS saat ini berjalan di sebagian besar platform Unix, Windows, dan macOS. QGIS dikembangkan menggunakan Qt toolkit ( https://www.qt.io ) dan C++. Ini berarti QGIS terasa cepat dan memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) yang menyenangkan dan mudah digunakan.

QGIS bertujuan untuk menjadi GIS yang mudah digunakan, menyediakan fungsi dan fitur umum. Tujuan awal dari proyek ini adalah untuk menyediakan penampil data GIS. QGIS telah mencapai titik evolusinya di mana ia digunakan untuk kebutuhan tampilan data GIS harian, untuk pengambilan data, untuk analisis GIS tingkat lanjut, dan untuk presentasi dalam bentuk peta, atlas, dan laporan yang canggih. QGIS mendukung banyak format data raster dan vektor, dengan dukungan format baru yang mudah ditambahkan menggunakan arsitektur plugin.

QGIS dirilis di bawah GNU General Public License (GPL). Mengembangkan QGIS di bawah lisensi ini berarti Anda dapat memeriksa dan memodifikasi kode sumber, dan menjamin bahwa Anda, pengguna kami yang bahagia, akan selalu memiliki akses ke program GIS yang bebas biaya dan dapat dimodifikasi secara bebas. Anda seharusnya telah menerima salinan lengkap dari lisensi dengan salinan QGIS Anda, dan Anda juga dapat menemukannya di Appendix Appendix A: GNU General Public License .

Nah dari informasi di atas tentu kita sudah sama-sama tau ya, apa itu Quantum GIS dan untuk apa kegunaan software Quantum GIS ini.

Sekarang kita akan memulai untuk melakukan instalasi Quantum GIS, dan kita akan mengawali dengan mendownload Installernya. Silahkan kalian mendownload Installer Quantu GIS (QGIS Desktop) dari sistus resminya di : https://www.qgis.org/id/site/forusers/download.html

Kemudian anda download versi terbarunya, saat postingan ini ditulis versi terbarunya adalah QGIS Standalone Installer Version 3.26. Selain installer versi standalone, kalian juga bisa memilih Network Installer jika ingin menginstall secara online. Saya sendiri memilih untuk versi Standalone.


Setelah kalian mendownload Installer Quantum GIS (QGIS Desktop), silahkan Klik 2x pada File Installer yang telah didownload:


Klik Next, untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.


Setujui License Agreement dengan cara checklist pada I Accept the term in the license Agreement, lalu klik Next, untuk melanjutkan ke tahap installasi berikutnya.


Klik Next untuk melanjutkan ke tahap instalasi berikutnya.


Pada tahap ini, silahkan kalian Klik Install untuk melakukan proses Installasi Quantum GIS.


Tunggu proses installasi sampai selesai.


Klik Finish untuk menyelesaikan Installasi Quantum GIS (QGIS Desktop)



Setelah proses Installasi selesai, selanjutnya kita akan mencoba untuk menjalankan dan melihat antarmuka Quantum GIS di Windows 10.

Untuk menjalankannya, silahkan klik pada Start Menu atau Windows Button kemudian cari QGIS Desktop seperti terlihat pada gambar berikut ini:


Selanjutnya tunggu hingga Aplikasi Quantum GIS (QGIS Desktop) selesai loading dan tampil Antarmuka dari Quantum GIS seperti pada gambar berikut ini.



Ok.., itulah tutorial cara instalasi aplikasi Quantum GIS (QGIS Desktop) pada Windows 10. Selanjutnya untuk cara penggunaan aplikasi Quantum GIS akan kami bahas dalam postingan-postingan berikutnya.