Widget HTML #1

Database Tools Terbaik Untuk MySQL/MariaDB Berbasis GUI dan Dapat Digunakan Secara Gratis

Siapa yang tidak kenal dengan RDBMS yang sangat banyak digunakan di dunia oleh kalangan developer maupun database administrator. Ya ia adalah MySQL/MariaDB.


MySQL/MariaDB adalah salah satu Sistem Manajemen Basis Data Relasional (RDBMS) sumber terbuka atau open source yang paling banyak digunakan di dunia. MySQL/MariaDB ini sudah ada dan digunakan sejak lama. MySQL/MariaDB adalah RDBMS yang canggih, cepat, andal, dapat diskalakan, dan mudah digunakan yang ditujukan untuk sistem produksi berbeban berat dan kritis serta paket perangkat lunak.

MySQL/MariaDB dapat digunakan atau dikelola dengan menjalankan perintah-perintah SQL melalui Command Line (CLI) seperti perintah CREATE, INSERT, UPDATE, DELETE, DROP, ALTER dan lain sebagainya. Namun untuk memudahkan dalam mengelola Database pada MySQL/MariaDB dibutuhkan tools atau alat yang dapat dengan mudah menjalankan perintah-perintah SQL hanya dengan melakukan klik-klik melalui tampilan GUI (Graphical User Interfaces).

Berikut ini beberapa tools berbasis GUI yang dapat kalian coba untuk mengelola Database MySQL/MariaDB:

1. phpMyAdmin

phpMyAdmin mungkin merupakan tools GUI MySQL/MariaDB yang paling populer, gratis, sumber terbuka (Open Source), dan banyak fitur untuk administrasi MySQL/MariaDB, terutama untuk layanan web hosting. Selain pada web hosting, phpMyAdmin ini berjalan pada sistem operasi Linux, Windows, maupun Mac OS.

Antarmuka phpMyAdmin

phpMyAdmin merupakan aplikasi yang terdokumentasi dengan baik yang hadir dengan antarmuka web yang intuitif, dan mendukung sebagian besar fitur MySQL untuk mengelola database, tabel, kolom, relasi, indeks, pengguna, izin, dll. phpMyAdmin juga mendukung pengelolaan banyak server, eksekusi langsung pernyataan SQL apa pun, impor data dalam format CSV dan SQL, dan ekspor data ke CSV, SQL, XML, PDF, dan lain sebagainya.

phpMyAdmin juga memungkinkan pengguna untuk membuat layout atau tata letak database dalam berbagai format, membuat kueri kompleks menggunakan Query-by-example (QBE), mencari secara global dalam database atau subsetnya, dan banyak fitur lainnya.


2. MySQL Workbench

MySQL Workbench adalah Tools GUI MySQL/MariaDb yang populer dan berfitur lengkap lainnya untuk mengelola server dan database MySQL. MySQL Workbench juga lintas platform dan berjalan pada sistem Linux, Windows, dan Mac OS.

Antarmuka MySQL Worksbench



Berikut ini beberapa fitur yang termasuk tiga bidang fungsi utama:

  1. SQL Development – yang memungkinkan pengguna untuk mengelola parameter koneksi basis data, dan mengeksekusi queri SQL melalui editor SQL bawaan.
  2. Data Modeling – untuk membuat model skema database secara grafis, teknik mundur dan maju antara skema dan database langsung.
  3. Server Administration – yang memungkinkan untuk membuat dan mengelola instance server.

MySQL Workbench tersedia dalam dua edisi: edisi komunitas yang tersedia gratis, dan edisi standar menyediakan fitur tingkat perusahaan tambahan, seperti pembuatan dokumentasi basis data dan banyak lagi, dengan biaya yang relatif murah.


3. DBeaver

DBeaver adalah alat manajemen basis data universal, gratis, open-source, dan multi-platform, yang dibuat untuk pengembang, pemrogram SQL, administrator basis data, dan analis. DBeaver tidak hanya mendukung database MySQL dan MariaDB tetapi semua sistem database populer termasuk PostgreSQL, Oracle, SQLite, SQL Server, dan MS Access.

Antarmuka DBeaver


DBeaver didistribusikan dengan antarmuka pengguna (UI) yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik, dan editor SQL yang kuat dengan pelengkapan kata kunci otomatis , nama skema, nama tabel, dan nama kolom. Meskipun mendukung sistem basis data apa pun yang memiliki driver JDBC, ia juga dapat menangani sumber data eksternal lainnya dengan atau tanpa driver JDBC.