Widget HTML #1

Membuat Tampilan Icon Checklist Hijau dan Silang Merah Otomatis di Excel Berdasarkan Nilai Kelulusan

Kembali lagi kita membahas masalah excel, ya Excel.. Kalau ada yang bingung membaca judul postingan ini, coba pahami dulu maksud dari judul ini ya. Jadi yang dimaksud tanda checklist hijau adalah simbol ✅ sedangkan yang dimaksud silang merah adalah simbol ❌.



Nah untuk studi kasus pada postingan ini kita akan menggunakan simbol-simbol itu mengisi kolom keputusan lulus atau tidak berdasarkan nilai yang didapatkan oleh peserta ujian.

Sebagai contoh, perhatikan data berikut ini:


Sekarang saatnya kita akan bekerja untuk Membuat Tampilan Icon Checklist Hijau dan Silang Merah Otomatis di Excel Berdasarkan Nilai Kelulusan. Berikut ini beberapa langkah yang harus kalian lakukan untuk membuatnya:

Pertama kita akan membuat rule format untuk range cell E5:E19, silahkan blok atau seleksi range cell tersebut kemudian klik Conditional Formatting > New Rule, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.


Setelah muncul dialog New Formatting Rule, silahkan kalian pilih Rule Type: Format all cells based on their values, lalu pada Format Style pilih Icon Sets seperti pada gambar berikut ini.


Selanjuutnya pada Icon Style pilih seperti pada gambar berikut ini.


Selanjutnya tentukan Icon dan Value sesuai yang diinginkan seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:


Setelah di klik OK, seperti tidak ada perubahan apapun pada area cell yang dipilih sebelumnya. Nah tugas kalian selanjutnya adalah mengisi cell keputusan lulus itu dengan angka yang sama dengan kolom nilai.

Untuk mengisi kolom lulus atau tidak kita mulai dari cell E5 gunakan rumus =D5 lalu Enter, dan perhatikan hasilnya.


Hasilnya dapat dilihat seperti gambar berikut ini:


Selanjutnya copykan rumus yang sudah dibuat hingga cell E19, sehingga hasilnya menjadi seperti pada gambar di bawah ini:


Nak sampai disini sudah selesai tugas kita Membuat Tampilan Icon Checklist Hijau dan Silang Merah Otomatis di Excel Berdasarkan Nilai Kelulusan. Mudah-mudahan dapat dipahami dan dipraktekkan sehingga dapat diterapkan pada kasus-kasus yang ditemui dalam pekerjaan kalian semua.

Salam...