Widget HTML #1

Menambahkan Library MySQL JDBC Connector Ke Project Aplikasi Java Pada IDE Apache Netbeans

Salam sehat selalu kepada semua pembaca blog ini. Kali ini saya akan sharing bagaimana Menambahkan Library MySQL JDBC Connector Ke Project Aplikasi Java Pada IDE Apache Netbeans.
Penggunaan MySQL JDBC Connector dalam pengembangan aplikasi Java sangat penting untuk menghubungkan aplikasi dengan database MySQL. Dengan mengintegrasikan MySQL JDBC Connector ke dalam proyek Java di IDE Apache NetBeans, Anda dapat dengan mudah melakukan operasi database, seperti menyimpan, mengambil, atau memperbarui data dalam database MySQL. Tutorial ini akan membantu Anda langkah demi langkah dalam menambahkan library MySQL JDBC Connector ke proyek Anda, sehingga Anda dapat memulai pengembangan aplikasi Java yang berbasis database dengan mudah dan efisien.


Di platform Youtube, saya pernah sharing bagaimana membuat aplikasi Java GUI Sederhana yang menggunakan Database MySQL. Jika penasaran dengan projectnya, silahkan menuju TKP : Membuat Aplikasi Database Menggunakan Java GUI dan MySQL

Untuk dapat terhubung ke Database MySQL, Project Java menggunakan Library yang bernama MySQL JDBC Connector. 

Untuk mendapatkan library MySQL JDBC Connector, silahkan didownload melalui url berikut ini: Download Library MySQL JDBC Connector. Kemudian setelah di download silahkan di Extract sehingga menjadi sebuah file .jar


Setalah kalian mendownload salah satu versi dari Library MySQL JDBC Connector, sekarang saatnya menambahkannya pada project Aplikasi Java pada IDE Apache Netbeans.

Membuat Project Baru

Tahapan ini dapat kalian lewati jika sudah memiliki project aplikasi yang siap untuk ditambahkan library MySQL JDBC Connector.

Untuk membuat project baru, silahkan klik menu File > New Project, lalu ikuti petunjuk seperti pada gambar berikut ini:

Langkah Membuat Project Baru

Dari gambar di atas, perhatikan pada nomor 6, dalam kolom itu buatlah nama project sesuai keinginan kalian, tuliskan tanpa spasi.

Tampilan project setelah berhasil dibuat akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:

Project Baru


Berikutnya adalah Menambahkan Library MySQL JDBC Connector Pada Project.

Menambahkan Library MySQL JDBC Connector Pada Project

Untuk menambahkan Library MySQL JDBC Connector, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Klik kanan pada bagian Libraries kemudian klik pada Add Library



Secara default MySQL JDBC Connector belum tersedia pada global library, sehingga kita harus menambahkan dengan mengklik Create pada bagian Add Library



Ketik nama Library dengan nama MySQL JDBC Connector, kemudian klik OK


Selanjutnya klik Add Jar/Folder, pada Customize Library 


Selanjutnya pilih file connector yang telah didownload sebelumnya, kemudian klik tombol Add Jar/Folder seperti pada gambar berikut ini:


Kemudian akan tampil pada Library Classpath, kemudian klik  OK. 


Selanjutnya klik MySQL JDBC Connector, kemudian klik Add Library


Sampai tahap ini penambahan Library sudah berhasil dilakukan dan akan tampil pada bagian Libraries pada Project seperti terlihat pada gambar berikut ini:



Jika Library MySQL JDBC Connector sudah muncul pada Libraries pada project kalian, berarti kalian sudah berhasil Menambahkan Library MySQL JDBC Connector Ke Project Aplikasi Java Pada IDE Apache Netbeans.

Semoga bermanfaat...