Widget HTML #1

Cara Menyematkan atau Embed Video YouTube ke Materi Halaman (Page) pada Moodle

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Menambahkan Materi Pelajaran Dalam Format Halaman (Page) Pada Moodle. Pada materi format Halaman (Page), kita dapat menambahkan beberapa komponen untuk membantu memberikan pemahaman kepada peserta kelas (siswa) pada materi yang sedang dipelajari. Salah satu komponen yang dapat digunakan adalah Video. Dan Video dari Youtube adalah salah satu yang sering disisipkan pada materi Page moodle.



Dalam postingan tutorial ini, kita akan membahas beberapa langkah untuk menyisipkan atau menyematkan video dari YouTube ke dalam materi dengan format halaman (Page) di Moodle. Menyisipkan video YouTube dapat membantu memberikan pemahaman pada pembelajaran dalam kelas Moodle kita. 

Cara Menyematkan atau Embed Video YouTube

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk Menyisipkan atau Embed Video YouTube ke Materi Halaman (Page) pada Moodle:

Langkah 1: Masuk ke Akun Moodle Anda

Buka browser web dan masuk ke akun Moodle anda sebagai pengajar atau administrator yang memiliki hak akses untuk mengedit kelas.

Langkah 2: Pilih Kelas dan Materi dengan Format Halaman (Page)

Pilih kelas yang ingin anda edit dan kemudian pilih materi dalam format halaman (page) di mana anda ingin menyisipkan video YouTube.

Edit Materi Format Page


Langkah 3: Siapkan Video YouTube

Buka video YouTube yang ingin anda sematkan. Pastikan video tersebut sudah ada di YouTube dan dapat diakses oleh publik atau pengguna yang memiliki tautan.


Langkah 4: Salin Kode HTML Video

Setelah video yang akan disisipkan siap, selanjutnya klik tombol "Bagikan" di bawah video.

Pilih opsi "Sematkan" atau "Embed". Ini akan menampilkan kode HTML yang akan anda salin. Kode ini akan terlihat mirip dengan <iframe> yang mengandung informasi video.



Salin seluruh kode HTML yang ditampilkan.

Langkah 5: Kembali ke Moodle dan Sunting Materi Halaman (Page)

Kembali ke jendela Moodle di mana anda sedang mengedit materi halaman (page).

Pilih tempat di dalam halaman di mana anda ingin menyisipkan video YouTube. Anda bisa memasang video di tengah teks atau di tempat yang anda inginkan.

Klik ikon "HTML" yang terletak di toolbar penyunting teks. Ini biasanya berbentuk tanda segitiga.

Mengaktifkan Mode HTML Editor


Langkah 6: Tempelkan Kode HTML Video

Tempelkan kode HTML video yang telah anda salin dari YouTube ke dalam kotak teks yang muncul saat anda mengklik ikon HTML.

Pastikan kode HTML yang anda tempel diawali dengan <iframe> dan diakhiri dengan </iframe>


Dari gambar di atas, saya menempatkan kode HTML pada awal halaman, tapi dalam prakteknya anda dapat menempatkannya sesuai dengan keinginan anda.

Untuk kembali ke editor Teks, anda dapat mengklik icon HTML, sehingga pada editor akan terlihat seperti gambar berikut ini:



Langkah 7: Simpan Perubahan

Setelah anda menempelkan kode HTML video, klik "Save and Return To Course" atau "Save And Display" dalam penyunting teks.

Langkah 8: Lihat Hasilnya

Sekarang, video YouTube telah disisipkan ke dalam materi halaman (page) anda di Moodle. Anda dapat melihat hasilnya dengan mengklik "Judul Materi" halaman tersebut.




Selesai! Video YouTube sekarang disematkan dalam halaman Moodle anda, dan peserta kelas dapat melihat dan memutar video tersebut langsung dari halaman materi anda.

Mudah-mudahan Tutorial ini membantu anda memanfaatkan video YouTube untuk memberikan konten yang lebih interaktif dan mendalam dalam kelas Moodle anda. Jika anda ingin menyisipkan lebih banyak video, cukup ulangi langkah-langkah ini untuk setiap video yang anda inginkan dalam materi halaman anda.