Widget HTML #1

Membuat Forum Diskusi di Elearning Berbasis Moodle

Saat ini atau di era pembelajaran online, interaksi antara pengajar/dosen/guru dan peserta didikatau siswa adalah hal yang sangat penting. Salah satu cara untuk dapat berinteraksi melalui elearning adalah melalui forum diskusi, sehingga pengajar dan peserta didik maupaun peserta didik dengan peserta didik lainnya dapat saling berinteraksi atau saling berdiskusi secara online.

Moodle sebagai salah satu  platform e-learning yang sangat terkenal, menyediakan fitur berupa aktivitas forum yang dapat digunakan oleh pengajar. Pada postingan ini, admin akan menjelaskan beberapa langkah untuk membuat aktivitas forum di Moodle dan bagaimana cara mengelolanya.


Apa itu Forum di Moodle?

Forum merupakan salah satu activity dalam Elearning berbasis Moodle yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk bertukar ide dengan memposting komentar. Forum di Moodle adalah sebuah aktivitas yang memungkinkan pengajar seperti dosen atau guru dan peserta didik seperti siswa di sekolah maupun mahasiswa jika di perguruan tinggi untuk berinteraksi, berdiskusi, dan berbagi pemikiran secara online.


Membuat Activity Forum

Untuk membuat activity forum dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Masuk ke Akun Moodle Anda

Untuk mulai membuat forum, pastikan telah login ke elearning moodle.

Login ke Moodle

Buka web browser seperti Chrome atau Firefox dan akses situs Elearning moodle yang diberikan oleh lembaga atau organisasi masing-masing. Lanjutkan dengan memasukkan username dan password yang benar.

2. Pilih Kelas/Kursus Yang Akan Ditambahkan Forum

Setelah berhasil masuk ke Moodle, pilih kelas yang sesuai dengan topik atau materi yang akan ditambahkan forum untuk memastikan forum berada di tempat yang tepat.

3. Pilih Bagian/Sesi Kelas

Pada kelas yang telah dipilih, tentukan bagian atau sesi dimana kita ingin menambahkan forum untuk mengorganisir forum berdasarkan topik atau modul tertentu.

Pilih Sesi Pembelajaran

4. Tambahkan Aktivitas Forum

Klik pada tombol "Add an avtivities and resources" di bagian kelas yang telah dipilih. Pilih aktivitas "Forum" dari daftar aktivitas yang muncul.

Forum di Moodle


5. Konfigurasi Forum

Lengkapi isian formulir konfigurasi forum dengan informasi yang jelas termasuk memberi nama forum, memberikan deskripsi singkat, memilih jenis forum, dan mengatur opsi seperti due date dan cut-of date.

Isian Nama, Deskripsi dan Pengaturan Waktu

Lanjutkan dengan mengatur Rating jika ingin memberikan rating/penilaian terhadap setiap jawaban diskusi peserta kelas.

Pengaturan Rating Diskusi

Pastikan untuk memberikan pengaturan yang sesuai dengan tujuan forum yang ingin dibuat. Jika semuanya telah disesuaikan, silahkan klik Save and Return to Course.


6. Atur Izin dan Pengaturan Lanjutan

Kembali ke halaman kelas dan buka forum diskusi yang baru dibuat. Jika belum dilakukan, segera atur izin akses, waktu publikasi, dan moderasi forum sesuai kebutuhan untuk membantu mengontrol partisipasi dan kualitas diskusi di dalam forum.


7. Informasikan Peserta

Sebelum memulai diskusi, berikan informasi kepada peserta tentang keberadaan forum diskusi yang baru dibuat, cara mengaksesnya, dan aturan dalam partisipasi. Komunikasi yang baik dapat membantu memastikan bahwa semua peserta dapat berkontribusi dengan efektif pada diskusi di elearning.


Demikian postingan ini, mudah-mudahan dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita telah berhasil membuat aktivitas forum di Moodle. Forum Diskusi Online dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan peserta dalam pembelajaran online.

Tutorial membuat forum diskusi di elearning moodle dapat juga disimak melalui video berikut: https://youtu.be/nsUvQudimJk?si=QHzFdxfUYLz-m7HJ

Jangan takut untuk menyesuaikan pengaturan forum sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk memaksimalkan potensi e-learning di Moodle! Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih...