Widget HTML #1

Menemukan MAC Address dengan Perintah "Getmac" di Windows

Jika kalian penasaran alamat MAC (Media Access Control) dari perangkat kalian atau ingin melihat informasi tentang kartu jaringan (LAN Card) yang terhubung, perintah Getmac dapat memberikan kalian informasi yang berguna. Oh iya, jika kalian masih belum tau apa itu MAC Address, kalian dapat membaca postingan Mengenal MAC Address dan Fungsinya.

Mendapatkan MAC Address di Windows

Pada postingan ini kami akan memberikan beberapa poin penting tentang perintah Getmac di Windows 10.

Apa itu Getmac?

Getmac adalah perintah di Windows Command Prompt (CMD) yang digunakan untuk menampilkan alamat MAC dari semua kartu jaringan yang terpasang di komputer kita.


Cara Menggunakan Getmac:

Buka Command Prompt (CMD) dengan cara menekan Win + X dan memilih "Command Prompt" atau "Command Prompt (Admin)". Kemudian, ketik Getmac dan tekan Enter. Lihat hasil yang ditampilkan di layar kalian. Kalian akan melihat semua MAC Address dari semua Kartu Jaringan (LAN Card) di komputer kalian.

Daftar MAC Address dari perintah Getmac


Menggunakan Opsi Tambahan:

Jika ingin melihat informasi lebih detail, kalian bisa gunakan opsi /v dengan perintah, contohnya: Getmac /v.

Hasil perintah Getmac /v

Untuk mengetahui alamat MAC dari kartu jaringan tertentu, tambahkan nama koneksi atau nama kartu jaringan setelah perintah, misalnya: Getmac /v | find "Wi-Fi" atau Getmac /v | find "Intel(R)"

Mencari MAC Address Berdasar Nama Koneksi atau Nama Adapter


Mengapa Perintah Getmac Penting?

Alamat MAC (MAC Address) adalah identifikasi unik untuk setiap kartu jaringan di perangkat kita. Sehingga dengan memahami alamat MAC dapat membantu kita dalam pemecahan masalah jaringan dan keamanan.

Keamanan Jaringan:

Dengan mengetahui alamat MAC, kalian dapat mengkonfigurasi kontrol akses ke jaringan, memberikan izin hanya kepada perangkat dengan alamat MAC tertentu.

Pemecahan Masalah:

Jika kalian mengalami masalah dengan koneksi jaringan, Getmac dapat membantu kalian memastikan bahwa kartu jaringan terdeteksi dengan benar.

Semoga sedikit informasi atau penjelasan ini dapat membantu kalain dalam memahami cara menggunakan perintah Getmac di Windows 10! 🚀 dan beberapa keuntungannya dalam menggunakannya.


#Windows10 #Getmac #Jaringan #Teknologi