Widget HTML #1

Membuat Cohort Pada Moodle Secara Manual

Membuat Cohort Manual Pada Moodle
Moodle memiliki beberapa cara mengelompokkan user/pengguna, yaitu cohort dan group. Cohort adalah fasilitas moodle yang digunakan untuk membagi user menjadi beberapa kelompok. Misalnya, dalam sebuah universitas terdiri dari 5000 mahasiswa, yang dibagi menjadi beberapa program studi misalkan 1000 prodi 1, 1500 prodi 2 dan seterusnya, maka dapat dibagi menggunakan cohort prodi 1, prodi 2 dan seterusnya. Kalau di sebuah sekolah berarti bisa untuk mengelompokkan siswa kedalam kelas-kelas tertentu.

Cohort ini memudahkan seorang administrator/pengajar dalam memberikan hak akses user pada sebuah course, dengan satu langkah saja dan tidak perlu memilih user satu per satu. Cohort dapat dibuat oleh administrator atau user lain yang memiliki hak akses yang sejenis.

Sedangkan Group, digunakan untuk mengelompokkan user dalam sebuah course menjadi kelompok-kelompok belajar dalam sebuah course, untuk memudahkan pengajar dalam mengelola resources/activities. Misalnya mengelompokkan user sebuah course menjadi kelompok 1, kelompok 2 dan seterusnya untuk memberikan penugasan tertentu, dan seterusnya.

Sebelum menambahkan Cohort, pastikan anda telah login sebagai administrator moodle. Untuk Membuat Cohort pada moodle berikut langkah demi langkah yang dapat dilakukan:

Pertama (1) - Klik Site Administration > Users > Cohort
Masuk Ke Menu Cohort
Kedua (2) - Klik Add New Cohort, dan lengkapi form add new cohort untuk menambahkan Cohort Baru secara manual satu per satu.
Form Tambah Cohort Baru
Ketiga (3) - Jika form Add New Cohort sudah lengkap silahkan klik Save Changes

Catatan :
Ulangi langkah Kesatu (1) sampai dengan langkah Ketiga (3) untuk menambahkan cohort lainnya.

Itulah Cara Membuat Cohort Pada Moodle Secara Manual. Selain cara manual moodle juga menyediakan cara yang lebih cepat yaitu dengan upload cohort. Untuk melakukan upload cohort, baca Cara Upload Cohort Pada Moodle.

Selamat Mencoba....