Widget HTML #1

Membuat Kategori Pembelajaran Pada Moodle

Membuat Kategori Pembelajaran Pada Moodle
Pada sebuah universitas, biasanya memiliki beberapa fakultas, dan tiap-tiap fakultas memiliki beberapa program studi. Begitu juga dengan sekolah, biasanya memiliki beberapa kelas, sekolah-sekolah tertentu juga memiliki beberapa jurusan seperti di SMK. Kategori pada Moodle digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Misalkan kita akan membuat kategori dengan nama "Fakultas Ilmu Komputer" kemudian pada ketegori Fakultas Ilmu Komputer kita akan membuat sub kategori dengan nama Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Manajemen Informatika, dan Teknik Komputer.
  • Fakultas Ilmu Komputer
    • Teknik Informatika
    • Sistem Informasi
    • Sistem Komputer
    • Manajemen Informatika
    • Teknik Komputer
Berikut ini adalah langkah demi langkah untuk membuat kategori pada moodle:

Pertama (1) - Pastikan telah login sebagai Administrator
Kadua (2) - Klik Site Administration > Courses > Add a category
Tambah Ketegori Baru
Ketiga (3) - Lengkapi form tambah kategori seperti gambar berikut ini:
Form Tambah Kategori Baru
Keterangan :
  • Parent category - Pilih kategori induk, jika anda membuat sub kategori
  • Category name - Isi dengan nama kategori (misalkan nama fakultas, nama kelas, dll)
  • Category ID number - Diisi kode kategori misal kode fakultas, kode kelas dll
  • Description - Isi dengan deskripsi untuk menjelaskan kategori
Keempat (4) - Klik tombol Create Category untuk menyimpan. 

Sampai langkah keempat (4) proses pembuatan kategori baru sudah selesai. Jika sebelumnya kita telah memiliki kategori, kita dapat melihat daftar kategori dengan mengklik Klik Site Administration > Courses > Manage courses and categories, dan moodle akan menampilkan daftar kategori yang sudah dibuat sebelumnya.
Daftar Kategori
Setelah kategori baru selesai dibuat, kita dapat membuat sub kategori pembelajaran, pada contoh kali ini sub kategori akan kita masukkan pada kategori Fakultas Ilmu Komputer. Berikut ini langkah demi langkah membuat sub kategori.

Pertama (1) - Pastikan telah berada di halaman Manage courses and categories kemudian pada kategori klik pada simbol gear di sebelah kanan kemudian klik Create New Subcategory
Tambah Sub Kategori
Kedua(2) -Lengkapi Form dengan mengikuti petunjuk pada gambar berikut:
Form New Category
Perbedaan dengan form tambah kategori adalah pada saat kita membuat sub kategori, kita harus memilih Parent Category yang pada contoh di atas, dipilih Fakultas Ilmu Komputer.

Ketiga (3) - Klik tombol Create Category untuk menyimpan. Lakukan dengan cara yang sama untuk membuat sub kategori lainnya. Sehingga sub kategori terlihat seperti gambar berikut ini:
Daftar Kategori dan Sub Kategori

Demikian cara Membuat Kategori Pembelajaran Pada Moodle. Jika ada pertanyaan seputar pembuatan kategori pada moodle, silahkan mengisi kolom komentar di bawah halaman ini.