Widget HTML #1

Mengatasi Error PHP, Warning: mysqli_fetch_array() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in?

Berbagai masalah ditemukan saat kita belajar pemrograman PHP. Kesalahan pengetikan kode program menjadi masalah yang paling sering ditemui. Kekurangan atau kelebihan tanda petik, koma, kurung, kurung kurawal, bahkan tanda titik koma menjadi masalah yang terkadang berkepanjangan, sampai menghabiskan waktu berhari-hari. Apalagi jika kita membuat program dengan php yang menggunakan database. Perintah query database yang melibatkan nama database, nama tabel, nama field dan berbagai perintah query lainnya.

Pesan error yang sering muncul adalah Warning: mysqli_fetch_array() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in?. Seperti contoh pada gambar berikut:

PHP Error, Warning: mysqli_fetch_array() expects parameter 1

Dari gambar di atas, pesan error muncul pada saat login ke aplikasi. Proses login pada aplikasi ditangani oleh scrips php berikut ini:

Script Proses Login

Jika diperhatikan pada pesan errornya terdapat di baris ke 64, dan isi baris 64 pada script phpnya adalah : $d=mysqli_fetch_array($sqlLogin);
Pada baris 64 sebenarnya tidak ada kesalahan, maka perlu diperhatikan ada parameter $sqlLogin pada fungsi mysqli_fetch_array. Sehingga kita perlu cek isi variebel $sqlLogin di baris sebelumnya yaitu baris 62.

Sekarang fokus di baris 62, bahwa variebel $sqlLogin ini berisi hasil query dari tabel admin di database. Sekarang kita lihat struktur tabel admin di database, perhatikan gambar berikut ini.
Struktur Tabel Admin
Pastikan nama tabel, nama field-field tabel yang diketik pada proses query sudah benar sesuai struktur tabel pada database. Dan jika dilihat ternyata di baris 62, ada penulisan nama field tabel yang salah yang seharusnya "username" tapi di ketik "usernama".

Kesalahan Pengetikan Nama Field

Setelah diperbaiki dengan mengganti "usernama" menjadi "username", maka masalah selesai. Cukup mudah ya.... yang penting kita jeli melihat atau mencari kesalahannya.

Selain kesalahan nama field terkadang juga kesalahan tanda petik (') atau petik dua ("), pastikan sudah mengetikkan format query dengan benar, sehingga tidak terjadi error lagi.

Selain pada proses login, masalah ini juga sering terjadi pada saat kita menampilkan data dengan query "SELECT * FROM ....". Seperti contoh gambar di bawah ini.

Error Saat Menampilkan Data Jabatan

Baik, penjelasannya samapi di sini dulu, mudah-mudahan dapat membantu bagi yang sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah Mengatasi Error PHP, Warning: mysqli_fetch_array() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in?.

Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini, silahkan mengikuti blog ini atau berlangganan untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini.