Sponsor

Sebuah Server Mampu Mengerjakan Segalanya, Mungkinkah?

Seperti yang telah dijelaskan tentang server pada postingan sebelumnya Pengertian Server dan Client. Server adalah komputer yang berfungsi untuk mengatur atau menjadi koordinator pada sistem jaringan komputer. Namun apakah mungkin server mampu mengerjakan segalanya?

Ilustrasi Server

Tidak semua hal atau layanan jaringan dilakukan oleh server tunggal. Seiring berkembangnya zaman dan tuntutan zaman yang semakin lama semakin kompleks, fungsi server juga semakin banyak dan terus berubah ke arah yang lebih baik. Dalam sebuah infrastruktur organisasi mungkin terdapat beragam server dengan fungsi masing-masing yang lebih terfokus dan spesifik, sehingga masing-masing server memiliki tugas yang spesial (spesialisasi server). 

Berbagai server juga dapat dikoneksikan secara paralel dan melayani satu instansi atau institusi organisasi secara bersama-sama.

Berikut ini beberapa contoh server dengan fungsi yang terspesialisasi:

Web Server

Web Server

Web Server adalah server yang diberi tugas menjadi wadah atau tempat menyimpan konten-konten web tertentu, seperti tutupkurung.com atau luruilmu.com, sehingga pengguna yang terkoneksi ke internet dapat mengakses berbagai konten dan informasi dari server tersebut.

Database Server

Database Server

Database Server atau dikenal dengan pusat basis data adalah server yang bertugas mengolah, menyimpan dan mendistribusikan bermacam-macam data dari yang sederhana sampai yang kompleks yang dihasilkan oleh berbagai sumber seperti data akademik, data pegawai, data penduduk dan sebagainya.


Application Server

Application Server

Application Server merupakan server yang ditugaskan untuk berbagai aplikasi terpusat yang digunakan secara bersama-sama. Dengan adanya server ini, client tidak perlu meng-install aplikasi di komputer masing-masing karena aplikasi dapat dijalankan langsung dari server.

Storage Server

Storage Server

Storage Server merupakan server yang dirancang dan ditugaskan untuk menyimpan berbagai data dalam jumlah yang biasanya sangat besar dan dapat mengatur supaya dapat digunakan secara bersama-sama (shared).


File Server (FTP Server)

File Server/FTP Server

File Server (FTP Server) merupakan server yang menyediakan berbagai file yang diperlukan oleh client, seperti driver, operating system, office, dokumen dan lain sebagainya untuk diinstalasi pada setiap komputer yang terkoneksi dengannya. File tersebut dapat diakses melalui File Transfer Protocol melalui internet oleh client, sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan pada komputer client.

Communication Server

Communication Server

Communication Server berfungsi sebagai koordinator yang mengatur berbagai aplikasi seperti suara (voice), data, gambar, atau data yang diakses melalui perangkat tertentu seperti smartphone dan hp.

Mail Server

Email Server

Mail Server merupakan server yang menampung, menangani pengiriman dan penerimaan email dalam protokol jaringan. 

Selain jenis atau tipe server yang dijelaskan di atas, masih banyak sekali tipe server yang lain seperti game server, proxy server, dns server, print server, fax server dan lain sebagainya.

Nah dari uraian di atas, ternyata server memiliki tugas yang begitu berat, untuk itu kecil kemungkinan sebuah server dapat mengerjakan segalanya, maka dari itu dibutuhkan beberapa server yang dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga server-server tersebut dapat bekerja bersama-sama dalam melayani sebuah infrastruktur jaringan yang besar.

Banyaknya client yang dilayani juga menjadi faktor penting apakah server mampu melayaninya atau tidak, beberapa server terkadang down ketika melayani client yang begitu banyak. Seperti server akademik di Kampus atau Sekolah, server CBT (Computer Based Test), bahkan server Instansi Pemerintah pun pernah mengalami down jika pengguna yang dilayani terlalu banyak.

Belum ada Komentar untuk "Sebuah Server Mampu Mengerjakan Segalanya, Mungkinkah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel