Widget HTML #1

Mengatasi Error PHP, Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect()

Ketemu error saat ngoding itu hal biasa, seperti halnya belajar PHP dan ketemu pesan error yang sangat panjang seperti ini:

Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() in D:\xampp\htdocs\lab\apppenggajian\koneksi.php:2 Stack trace: #0 D:\xampp\htdocs\lab\apppenggajian\login.php(61): include() #1 {main} thrown in D:\xampp\htdocs\lab\apppenggajian\koneksi.php on line 2

Untuk mengatasi masalah error di atas ada beberapa cara, baik akan saya jelaskan dengan cara yang Insya Allah sederhana.

Setiap pesan error di PHP, biasayanya PHP memberikan informasi di file apa dan baris keberapa error tersebut disebabkan.

Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect()
Pada contoh pesan Error di atas, ada informasi "... koneksi.php on line 2", sehingga kita bisa mengawalinya dengan membuka file "koneksi.php" dan cek baris ke 2.

Isi File koneksi.php baris ke 2

Pada pesan error di atas juga ada informasi "Call to undefined function mysql_connect()" yang menginformasikan bahwa ada pemanggilan pada fungsi yang tidak didefinisikan yaitu fungsi mysql_connect().

Kalau kita teliti isi dari file koneksi.php, maka baris ke-2 memang ada pemanggilan fungsi mysql_connect() dan dapat dipastikan itu masalahnya.

Masalah ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti Versi PHP yang digunakan adalah Versi 7 sehingga tidak mendukung lagi fungsi mysql_connect(), dan jika ini masalahnya maka untuk mengatasi masalahnya, kita dapat mengganti fungsi koneksinya dengan mysqli_connect() atau PDO.

Namun dalam contoh ini kita akan selesaikan dengan mengganti fungsi mysql_connect() dengan mysqli_connect(), sehingga baris ke-2 dari file koneksi kita ubah menjadi seperti berikut.

Tampilan perubahan fungsi menjadi mysqli_connect();

Dengan langkah di atas, Insya Allah masalah error "Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect()" sudah dapat teratasi dan program akan berjalan dengan baik.



Tambahan:
Jika menggunakan PHP 5.6, dan error yang muncul sama, kemungkinan extension php_mysql nya tidak aktif, sehingga anda dapat mengaktifkannya di file php.ini.

extension php_mysql belum aktif
Untuk mengaktifkannya tinggal dihilangkan tanda ";", sehingga menjadi seperti ini:

Extension php_mysql aktif

Simpan file php.ini, lalu restart Apache, sehingga fungsi php_mysql dapat digunakan.

Baik, mungkin ini yang bisa saya share untuk Mengatasi Error PHP, Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect().

Selamat ngoding lagi....

:)