Sponsor

Membuat Laporan Keuangan Masjid/Musholla dengan Microsoft Excel

Masjid adalah tempat dan pusat ibadah umat islam (muslim) yang harus dijunjung tinggi dan dikelola dengan baik baik pengelolaan fisik ataupun peningkatan non-fisik, peningkatan fungsi peribadatan dan sebagainya. Dalam pengelolaan masjid atau musholla dibutuhkan transparansi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat dari kesalahan pengelolaan khususnya keuangan masjid atau musholla. Sehingga setiap pengelolaan masjid atau musholla harus memiliki keterbukaan dalam  hal transaksi keuangan. Karena dana atau uang yang ada dalam kas masjid tersebut merupakan titipan dari umat untuk kemaslahatan bersama.

Biasanya di sebuah asjid / musholla sudah terdapat papan informasi yang digunakan untuk mencatat kondisi keuangan terkini (biasanya 1 bulan terakhir) dari sebuah masjid atau musholla. Untuk membuat papan informasi Laporan Keuangan Masjid/musholla dengan cara yang sederhana dan biasaya yang kecil sudah saya tulis di postingan saya sebelumnya tentang : Membuat Papan Informasi Laporan Keuangan Masjid atau Musholla.

Seorang bendahara atau pengurus masjid juga harus melaporkan keuangan per periode tertentu, bisa setiap bulan, tiap semester atau minimal setiap akhir tahun. Untuk membuat laporan keuangan, dapat dilakukan menggunakan Microsoft Excel, sehingga perhitungan dapat dilakukan dengan mudah dan otomatis. Selain itu penggunaan microsoft excel juga dapat membantu mengurangi kesalahan perhitungan keuangan masjid atau musholla.

Baik, di postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat laporan keuangan yang sederhana untuk masjid/mushola menggunakan Microsoft Excel.

Pertama, Buat judul laporan dan menyiapkan kolom-kolom tabel seperti gambar berikut ini.
Judul Laporan dan Kolom Tabel

Kedua, merapikan judul dengan cara Merge and Center dari sel A1 sampai dengan sel F1 sesuai dengan kolom terakhir tabel laporan keuangannya, begitu juga dengan A2 sampai dengan F2 di Merge and Center, dan lanjutkan dengan membuat garis tabel (border) dan mengatur kolomnya sehingga menjadi seperti gambar berikut ini.
Hasil Format Tabel Laporan Keuangan
Ketiga, Memasukkan data, misalkan yang kita buat adalah laporan keuangan tahun 2018, biasanya di tahun sebelumnya ada sisa saldo, kita masukkan ke baris nomor 1, masukkan tanggal, uraian, dan nominal sisa saldo masukkan di kolom masuk dan kolom saldo. Seperti gambar berikut ini.
Masukkan Sisa Saldo Tahun Sebelumnya
Dari gambar di atas, untuk kolom saldo diisi dengan rumus =D5 kemudian Enter, artinya saldo diambil dari dana masuk di kolom D5.

Keempat, membuat format rupiah pada kolom dana masuk, kemuar dan saldo. Dengan cara menyeleksi dari sel D5 sampai dengan sel F11, kemudian memilih format mata uang rupiah.
Membuat Format Rp. Indonesia
Hasil Format Rupiah (Rp) Indonesia
Kelima, selanjutnya tinggal menghitung jumlah dana masuk, dana keluar dan jumlah saldo pada baris terakhir dengan cara memasukkan rumus/formula berikut ini:

  • Menghitung Jumlah Dana Masuk di sel D11 masukkan rumus =SUM(D5:D10)
  • Menghitung Jumlah Dana Keluar di sel E11 masukkan rumus =SUM(E5:E10)
  • Menghitung Jumlah Saldo di sel F11 masukkan rumus =D11-E11
Hasilnya seperti pada gambar berikut ini.
Jumlah Dana Masuk, Dana Keluar dan Saldo
Keenam,  selanjutnya kita akan membuat rumus untuk kolom saldo mulai dari sel F6, dengan memasukkan rumus berikut : =IF(D6<>0;F5+D6;F5-E6) maksud dari rumus ini adalah jika D6 (dana masuk) tidak sama dengan 0, maka saldo adalah saldo sebelumnya (F5) ditambah dengan dana masuk (D6), dan jika D6 sama dengan 0 maka Saldo diisi dengan saldo sebelumnya dikurangi dana keluar (E6).

Sekarang copykan rumus ke sel di bawahnya sampai sel F6. dan jika kita isi dengan data uang masuk dan keluar maka rumus akan berjalan dan saldo dan jumlah saldo akan terhitung otomatis. Hasilnya terlihat pada gambar di bawah ini.
Hasil Laporan Keuangan
Baik, sampai tahap ini laporan keuangan sederhana untuk masjid/musholla selesai kita buat, jika ingin download file Excelnya silahkan klik DOWNLOAD
---

2 Komentar untuk "Membuat Laporan Keuangan Masjid/Musholla dengan Microsoft Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel