Widget HTML #1

Cara Install Hosting Control Panel Gratis CyberPanel pada CentOS 7

Halo sahabat TutupKurung.Com yang dirahmati Allah SWT, semoga kita semua dalam kondisi terbaik hari ini. Kali ini saya akan kembali berbagi melalui blog ini yaitu tentang CyberPanel. Bagi yang belum tau tentang CyberPanel, Jadi CyberPanel ini merupakan Control Panel Hosting gratis yang didukung oleh OpenLitespeed. Salah satu keunggulan dari CyberPanel adalah tersedia fitur multi PHP dan open LiteSpeed.

Homepage CyberPanel
CyberPanel sendiri terdiri dari 2 versi yaitu CyberPanel dan Cyber Panel Ent. Untuk CyberPanel ini murni gratis dan tidak dibatasi oleh jumlah domain. Sedangkan CyberPanel Ent ini boleh digunakan dengan 1 domain saja, jika ingin lebih dari 1 domain maka akan dikenakan biaya.

Nah sekarang apa saja syarat untuk dapat menginstall CyberPanel ini? Dari situs resminya, syarat untuk dapat menginstall CyberPanel ini adalah:
  1. Centos 7.x (Recommended minimal version)
  2. Python 2.7
  3. 1024MB or above Ram.
  4. 10GB Disk Space.
Jadi dari persayaratan (requirement) di atas, maka tahapan instalasinya dapat kita bagi menjadi tiga bagian yaitu Instal CentOS 7 (minimal version), install Python 2.7 kemudian baru Instalasi CyberPanel.

Dalam percobaan kali ini saya menggunakan VirtualBox dan membuat Virtual Mesin untuk diinstall CentOS 7 (minimal version). Untuk Cara Menyiapkan Virtual Mesin di Virtual Box kalian dapat menuju ke sini, dan untuk cara instalasi CentOS 7 Minimal Version kalian dapat menuju ke sini. Jika kalian memiliki server sendiri atau telah menyewa VPS juga dapat digunakan.

Selanjutnya kita akan menginstall CyberPanel pada CentOS 7. Mungkin akan lebih jelas jika kalian mengikuti tahapan demi tahapan berikut ini:

Pertama (1) - Login ke SSH Server yang telah terinstall CentOS 7 Minimal Version dengan akun yang telah dibuat sebelumnya.
Kedua (2) - Pastikan server terkoneksi ke internet, dan sudah terinstall Python 2.7

# ping 8.8.8.8
# python –version
Kedua (3) - Untuk memulai installasi CyberPanel, silahkan eksekusi perintah berikut ini:

# sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)
Keempat (4) – Proses installasi dimulai, dan pada tahap ini terdapat beberapa pilihan yang harus kita tentukan diantaranya:
  1. Setelah tampil "CyberPanel Installer v2.0", akan muncul pilihan Install CyberPanel dengan memasukkan angka (1) lalu tekan Enter.
  2. Muncul pilihan Install CyberPanel with OpenLiteSpeed, masukkan angka (1) lalu Enter.
  3. Muncul Pilihan Install minimal service for CyberPanel...., ketik (y) lalu Enter.
  4. Buat password dengan memasukkan huruf (s) lalu enter dan masukkan password 2 kali. Kalian juga dapat memilih (d) untuk menggunakan password default, atau memilih (r) untuk membuat random password.
  5. Setalah itu lanjutkan dengan selalu memilih (y) dan Enter sampai proses instalasi berjalan ke tahap berikutnya.
Kelima (5) - Tunggu sampai proses installasi CyberPanel selesai (prosesnya membutuhkan waktu yang lumayan lama) dan etelah proses installasi selesai, maka tampilan di ssh akan menginformasikan url akses ke CyberPanel dan informasi login standar/default ke CyberPanel. Informasi default login CyberPanel sebagai berikut :
Informasi Install Selesai dan Informasi Login CyberPanel
Setalah proses instalasi selesai maka CyberPanel dapat diakses melalui url yang ditampilkan, namun jika kalian menggunakan virtual box, dan pada Virtual Machine memiliki 2 ethernet (1 NAT dan 1 Host-Only Adapter) maka kalian juga dapat mengakses menggunakan IP Hoss-Only Adapter kalian.
Tampilan login CyberPanel seperti berikut:
Halaman Login CyberPanel
Masukkan Username dan Password untuk masuk ke Dashboard CyberPanel. Jika Username dan Password yang kalian masukkan benar maka akan dibawa menuju Dashboard CyberPanel seperti pada gambar berikut.
Dashboard CyberPanel
Baik sampai disini tutorial Installasi CyberPanel pada Centos 7 sudah selesai. Mudah-mudahan bermanfaat dan untuk cara penggunaannya insyaAllah akan segera di posting diblog ini. Jangan lupa berlangganan atau ikuti blog ini.