Widget HTML #1

Cara Setting IP Address Pada Linux Red Hat 8

IP Address adalah deretan angka biner 32 bit sampai 128 bit yang digunakan untk mengidentifikasi host dalam jaringan. Untuk terhubung ke jaringan maka komputer harus memiliki IP Address, baik ip address dinamis (DHCP) atau ip address statis (konfigurasi manual). Pada postingan kali ini saya akan sharing cara konfigurasi IP Address pada Linux RedHat, namun cara ini juga dapat digunakan pada Linux CentOS atau Fedora.

Cara Setting IP Address Pada Linux Red Hat yang akan digunakan dalam postingan ini adalah menggunakan Network Scripts Manually memalui terminal (CLI).

Setting IP Address ini diberikan pada Network Interface (Ethernet) yang terpasang pada Server (Komputer) sehingga kalian juga perlu tau tentang Network Interface yang terpasang di Server Red Hat kalian. Baca : Melihat Informasi Daftar Network Interface di Linux

Di Red Hat 8, kalian juga dapat meihat Network Interface dengan perintal nmcli (Network Manager Command Line) cara ini juga dapat digunakan di CentOS 7.
Cek Network Interface dengan NMCLI
Dari gambar di atas, terlihat ada 2 Network Interface yaitu enp0s3 dan enp0s8, 2 Network Interface itu muncuk karena pada saat saya membuat meisn virtual saya menambahkan 2 buah Network Interface NAT dan Host-Only Adapter.

Setting IP Address

Network Interface 1 NAT (Interface name: enp0s3) menggunakan DHCP. sedangkan Network Interface 2 Host-Only Adapter (Interface name : enp0s8) menggunakan IP Statis.

Untuk melakukan Setting IP Address di Red Hat dapat dilakukan dengan mengedit file :
/etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-(interface-name)

Contoh : jika kalian akan setting ip address pada interface enp0s8 maka yang kalian edit adalah file :
/etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-enp0s8

Silahkan kalian menjalankan perintah:
# vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-enp0s8

Selanjutnya masukkan konfigurasi berikut ini:
TYPE="Ethernet"
BOOTPROTO="none"
NAME="enp0s8"
IPADDR="192.168.56.101"
NETMASK="255.255.255.0"
GATEWAY="192.168.56.1"
DEVICE="enp0s8"
ONBOOT="yes"

Untuk mengedit isi file tersebut, silahkan tekan huruf (i), dan untuk menyimpan konfigurasinya kalian bisa tekan tombol Esc lalu ketik (:wq) dan tekan tombol Enter.

Setelah disimpan, kalian bisa restart network manager dengan perintah:
# systemctl restart NetworkManager

Atau kalian bisa restart Server kalian dengan perintah :
# reboot

Setelah itu tinggal di cek Ip Address dengan perintah :
# ip a show

Atau lebih spesifik dengan perintah:
# ip a show enp0s8

Demikian Cara Setting IP Address Pada Linux Red Hat, jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.