Widget HTML #1

Membuat Halaman Persetujuan Pembimbing Skripsi Yang Rapi di Microsoft Word

Halo mahasiswa..., sudah mulai digarap atau belum skripsinya? Atau masih proses bimbingan? Jangan lupa persiapannya sebelum bimbingan skripsi ya.. Kalian bisa, mencari tutorial di google tentang persiapan sebelum menghadapi pembimbing skripsi, misalkan dengan kata kunci "persiapan sebelum menemui dosen pembimbing skripsi" atau kalian bisa langsung KE SINI.

Dipostingan ini TutupKurung.Com akan membahas tentang skripsi, tapi hanya bagian kecil saja, yaitu tentang bagaimana membuat lembar atau halaman persetujuan pembimbing. Halaman ini biasanya dibutuhkan saat kalian ingin mendaftar ujian/sidang skripsi. Untuk format lembar persetujuan pembimbing ini tentu akan berbeda-beda tergantung dari aturan di kampus kalian. Namun di tutorial ini saya akan gunakan salah satu contoh format saja, intinya didalamnya ada ruang atau tempat untuk tanda tangan pembimbing 1 dan pembimbing 2, dan mengetahui ketua program studi, seperti contoh di bawah ini.

Contoh Halaman Persetujuan Pembimbing

Membuat Halaman Persetujuan Pembimbing Skripsi Yang Rapi di Microsoft Word
Contoh Lembar Persetujuan Pembimbing

Dari contoh di atas, ada bagian yang bisa kalian percepat langkahnya dengan copy paste judul, dan nama kalian ke lembar yang akan kalian buat, jika kalian sudah mengikuti tutorial sebelumnya tentang : Membuat Halaman Judul atau Cover Skripsi/Makalah/Laporan Yang Rapi di Microsoft Word.

Cara Pembuatan Lembar/Halaman Persetujuan Pembimbing

Setelah melihat contoh lembar persetujuan pembimbing skripsi di atas, selanjutnya silahkan kalian lanjutkan dengan latihan membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama (1) - Buat halaman baru dan posisi center, ketik judul hingga identitas anda seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Kedua (2) - Ketik teks "Disetujui Oleh:", lalu tekan enter sesuai dengan jarak yang diinginkan.
Ketiga (3) - Tekan Enter sesuai dengan jarak yang kalian inginkan, kemudian buat tabel dengan 1 baris 2 kolom. Klik tab Insert > Table, pilih 1 baris 2 kolom, seperti dicontohkan dalam gambar berikut ini.

Insert Tabel 1 Baris 2 Kolom
Insert Tabel 1 Baris 2 Kolom

Keempat (4) - Ketik nama Pembimbing 1 di kolom sebelah kiri dan pembimbing 2 di kolom sebelah kanan, atur jarak sesuai keinginan, seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Memasukkan Nama-nama Pembimbing
Memasukkan Nama-nama Pembimbing

Kelima (5) - Hilangkan border (garis) tabel dengan mem-blok tabel dengan cara mengklik di sudut kiri atas tabel, kemudian klik pada icon Border > No Borders. Lihat contoh pada gambar berikut ini.

Menghilangkan Garis/Border Tabel
Menghilangkan Garis/Border Tabel

Keenam (6) - Selanjutnya lanjutkan dengan membuat bagian tandatangan ketua program studi, posisikan kursor di posisi center, kemudian tinggal ketik seperti contoh pada gambar berikut ini.
Tanda Tangan Ketua Program Studi
Tanda Tangan Ketua Program Studi

Ketujuh (7) - Lakukan format tambahan seperlunya sehingga halaman persetujuan pembimbing sesuai dengan aturan yang ditetapkan di kampus/sekolah/lembaga kalian masing-masing.

Download File Hasil Latihan Membuat Halaman Persetujuan Pembimbing Skripsi Yang Rapi di Microsoft Word DI SINI.


Silahkan dicoba, mudah-mudahan cara ini membantu kalian yang selalu salah dalam membuat halaman persetujuan pembimbing. Jika ada pertanyaan, silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.