Widget HTML #1

Membuat Lembar Daftar Hadir Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan Microsoft Word

Apa Itu Praktik Kerja Lapangan?

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkronisasi antara program pendidikan di lembaga pendidikan baik pendidikan menengah ataupun pendidikan tinggi dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. 

Mahasiswa di sebuah perguruan tinggi biasanya juga melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Untuk waktu pelaksanaan PKL biasanya tergantung pada aturan masing-masing perguruan tinggi, ada yang 1 bulan, 2 bulan bahkan ada yang sampai 6 bulan atau 1 tahun. Tempat PKL juga bervariasi sesuai dengan bidang keahlian dari jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa, ada yang di Kantor Pemerintah, Kantor Swasta, Perusahaan, Sekolah, Bank dan lain sebagainya.

Dalam pelaksanaan PKL biasanya mahasiswa harus membuat Daftar Hadir yang ditanda tangani setiap hari dan nantinya akan di tandatangani oleh pembimbing. Format Daftar Hadir juga biasanya ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi, bahkan ada yang telah disediakan dalam bentuk buku PKL, sehingga mahasiswa tinggal menanda tangani format yang sudah ada.

Namun, bagaimana jika tidak disediakan, maka postingan kali ini akan mencontohkan cara pembuatan Daftar Hadir PKL mengunakan Microsoft Word. Kira-kira hasil akhirnya seperti pada gambar berikut ini.

Contoh Daftar Hadir PKL

Setelah melihat Contoh Format Daftar Hadir PKL di atas, sekarang mari kita mulai membuatnya di Microsoft Word.


Cara Membuat Daftar Hadir PKL

Pertama (1) Silahkan dijalankan Aplikasi Microsoft Word nya, kemudian siapkan dokumen baru dan langsung simpan dengan nama Daftar Hadir PKL. Penyimpanan di awal pembuatan dokumen ini saya anjurkan untuk menghindari jika sewaktu-waktu komputer/laptop kita bermasalah atau mati maka dokumen kalian sudah tersimpan. Biasakan juga untuk sering-sering menyimpan dengan tombol [Ctrl] + [S].

Kedua (2) Atur ukuran kertas dan margin (batas atas, batas kanan, batas bawah dan batas kiri). Pada contoh ini saya menggunakan kertas A4 dengan margin atas : 1 cm, kanan : 2 cm, bawah : 2 cm, dan kiri : 3 cm.

Mengatur Ukuran Kertas dan Margin

Ketiga (3) Tambahkan Kop jika dibutuhkan. Kop adalah bagian atas surat yang berisi keterangan tentang nama, alamat, dan nomor telepon suatu kantor, lembaga resmi pemerintah, badan usaha, dan sebagainya.

KOP Daftar Hadir PKL

Keempat (4) Ketik judul "DAFTAR HADIR PRAKTIK KERJA LAPANGAN" di bawah KOP dan buat rata tengah dan tebalkan hurufnya.

Judul Daftar Hadir PKL


Kelima (5) Ketik Tempat/Instansi dan Alamat tempat kalian PKL seperti gambar berikut ini.

Tempat dan Alamat PKL


Keenam (6) Ketik Hari, Tanggal dan buat tabel untuk tempat kalian mengisi Nama, Jam Datang, Paraf Datang, Jam Pulang, Paraf Pulang dan Keterangan, seperti pada contoh gambar berikut ini.

Kolom Pengisian Daftar Hadir PKL Harian

Ketujuh (7) Copy dan Paste hasil langkah nomor 6 sebanyak hari kalian PKL, perhatikan ketika sudah melewati lebih dari 1 halaman, pastikan tidak terpisah antara Hari, tanggal dan Tabel.

Hasil Copy Paste Kolom Isian Daftar Hadir

Kedelapan (8) Jika sudah cukup sebanyak hari kalian PKL, di bagian paling bawah tambahkan tempat tanda tangan untuk pembimbing dan pejabat tempat PKL. Usahakan serapi mungkin, seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Tempat Tanda Tangan Pembimbing PKL dan Pejabat Instansi Tempat PKL

Untuk membuat Tempat Tanda Tangan Pembimbing PKL dan Pejabat Instansi Tempat PKL seperti di atas (kiri kanan) saya menggunakan tabel untuk memudahkan dalam merapikan kolomnya. Cara membuatnya sudah pernah saya bahas di postingan sebelumnya. 

Baca : Cara Membuat Halaman Persetujuan Pembimbing SKRIPSI yang Rapi di Microsoft Word.

Selamat PKL, semoga mendapat ilmu yang bermanfaat. Aamiin...