Widget HTML #1

Cara Install Python 3 di Windows 10

Apa kabar sahabat-sahabatku yang baik hatinya, semoga kalian dalam keadaan terbaik hari ini. Kali ini saya akan posting tentang Python. Python ini adalah bahasa pemrograman yang sedang naik di permukaan dan banyak digunakan para programmer. Sesuai definisi dari Wikipedia, python adalah:

Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang ditafsirkan, tingkat tinggi. Dibuat oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991, filosofi desain Python menekankan keterbacaan kode dengan penggunaan spasi putih yang signifikan.

Untuk postingan kali ini saya akan membahas Cara Install Python 3 di Windows 10, namun ini bisa diterapkan juga pada windows generasi sebelumnya seperti Windows 7 dan 8. Namun jika menggunakan linux maka tidak perlu melakukan install Python, karena linux secara default biasanya sudah terinstall Python. Jika kalian menggunakan windows, silahkan ikuti tutorial ini dan silahkan download Python di situs resminya : https://www.python.org/downloads/windows.

Jika kalian sudah mendownload installer Python, silahkan mulai installasi dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Pertama (1) - Jalankan instalasi Python, dan jangan lupa untuk checklist “Add Python to PATH”. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.


Kedua (2) - Tunggu proses installasi Python berjalan.



Ketiga (3) - Klik pada bagian Disable path length limit, jika pesan tersebut muncul.


Setelah selesai, silahkan klik tombol Close.

Sampai tahap ini seharusnya installasi Python sudah selesai. Untuk melihat hasil installasi Python, silahkan kalian cek versi python via Command Prompt. 

Silahkan buka Command Prompt (CMD) lalu ketikkan perintah python --version lalu tekan tombol Enter



Jika setelah kalian ketik python --version lalu kalian tekan Enter, muncul versi python seperti gambar di atas, berarti installasi python yang kalian lakukan sudah berhasil dan siap memulai programming dengan Python. 

Salam....