Widget HTML #1

Cara Menghapus Data Yang Sama atau Data Ganda di Microsoft Excel

Cara Menghapus Data Yang Sama atau Data Ganda di Microsoft Excel

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang Mencari Data Ganda (Duplikat) pada Microsoft Excel. 

Baca : Mencari Data Ganda (Duplikat) pada Microsoft Excel

Tidak menutup kemungkinan kita dihadapkan dengan data ganda atau duplikat yang terlalu banyak pada file pekerjaan kita. Untuk itu kita butuh cara menghapus data ganda tersebut sehingga menyisakan satu data yang memang benar-benar unik.

Pada Microsoft Excel telah disediakan fitur untuk melakukan penghapusan data ganda (duplicate data) dengan cepat. Fitur tersebut bernama Remove Duplicates. Fitur Remove Duplicates terdapat pada Tab/Menu Data pada Excel.

Cara Menggunakan Remove Duplicates

Adapun cara penggunaannya dapat diikuti beberapa langkah di bawah ini.

Pertama (1) - Blok atau seleksi sel-sel yang mengandung data ganda dan akan kita hapus data gandanya.

Data Terseleksi
Data Terseleksi

Kedua (2) - Selanjutnya klik pada Tab/Menu Data lalu pada bagian group Data Tools klik pada Remove Duplicates.

Remove Duplicates
Remove Duplicates

Ketiga (3) - Lalukan beberapa pengaturan pada Dialog Remove Duplicates yang muncul. Jika data yang kalian blok/seleksi memiliki judul kolom biasanya akan ada pilihan My data has headers, silahkan di klik / checklist.

Kemudian pilih kolom yang menjadi acuan untuk menghapus data ganda/duplikat. Untuk data yang saya contohkan karena saya mengacu pada kolom nama sehingga yang saya pilih hanya nama. Untuk data Daerah Asal karena memang semuanya sama jadi tidak saya pilih sebagai acuan duplicate data. Lihat gambar di bawah ini untuk contoh pengaturan pada kasus data yang saya gunakan.

Dialog Remove Duplicates
Dialog Remove Duplicates

Jika pilihan sudah ditentukan, silahkan klik OK. Jika kalian perhatikan data ganda atau duplicate data pada data kalian sudah dihapus dan disisakan data unik. Seperti contoh pada data gambar berikut ini.

Duplicate Data Telah Dihapus
Duplicate Data Telah Dihapus

Sampai tahap ini masalah data ganda atau duplicate data seharusnya sudah selesai. Namun untuk data yang lebih kompleks, kalian harus lebih teliti tentang data duplikat ini. Seperti kemungkinan nama sama untuk lebih 1 orang, daerah asal yang sama dll. Untuk itu kalian harus paham betul kolom yang menjadi kunci untuk memastikan data tersebut benar-benar ganda atau tidak.

Selamat mencoba cara menghapus data ganda dengan fitur Remove Duplicates pada Microsoft Excel. semoga semua dilancarkan dalam pekerjaannya.. Aamiin....