Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Install Wordpress di Laragon

Kembali berbicara tentang Laragon sebuah lingkungan pengembangan yang sangat powerfull untuk pengembangan web di komputer lokal. Kalian pasti tau tentang Wordpress sebuah CMS (Content Management System) yang sangat fenomenal dan paling banyak digunakan untuk pengembangan web di seluruh jagad. Nah di postingan kali ini saya akan membahas cara menginstall Wordpress di Laragon.


Berbeda dengan local server pada umumnya, Laragon memiliki segudang fitur tambahan untuk menunjang kerja para pengembang web. Salah satunya yaitu package installer. Laragon menyediakan fitur untuk menginstal berbagai CMS dan Framework yang ingin kalian gunakan, hanya dengan menekan beberapa tombol saja.

Baik. sekarang kita akan mulai untuk menginstall Wordpress di Laragon. Ikuti beberapa langkah berikut untuk menginstall Wordpress pada Laragon.

Pertama (1) - Jalankan aplikasi Laragon di komputer kalian kemudian klik Start All untuk menjalankan semua Service yang diperlukan.

Kedua (2) - Klik kanan pada aplikasi Laragon, kemudian kalian pilih Quick App > WordPress.



Ketiga (3) - Masukkan Nama Project kemudian klik tombol OK.



Keempat (4) - Tunggu proses Download, Extract dan Generate Pretty Url hingga selesai.



Kelima (5) - Setelah selesai, kalian tinggal klik tombol Visit site untuk menuju ke browser untuk menyelesaikan installasi wordpress.




Keenam (6)
- Setelah masuk ke Wordpress silahkan pilih Bahasa dan klik Lanjutkan.



Ketujuh (7) - Lengkap Judul Situs, Nama Pengguna, Sandi dan Email Anda, kemudian klik Install Wordpress.



Kedelapan (8) - Setelah selesai install, kalian klik Log Masuk untuk menuju ke halaman login Wordpress. Lanjutkan login menggunakan Nama Pengguna dan Sandi yang telah kalian masukkan pada langkah ke tujuh (7).
Halaman Login Wordpress

Setalah kalian login, maka kalian akan diarahkan ke Dashboard wordpress yang bisa kalian gunakan untuk mengelola web/situs kalian.

Untuk melihat tampilan depan/frontend Wordpress kalian, kalian dapat mengarahkan pointer mouse kalian ke sudut kiri atas dashboard wordpress pada bagian judul "WP Lab Tutup Kurung" (sesuai judul kalian) kemudian kalian klik Kunjungi Situs.


Tampilan Situs akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Tampilan Situs/Web

Sampai disini kalian sudah berhasil install Wordpress pada Laragon. Jika kalian perhatian URL wordpress kalian disini ada perbedaan dengan ketika kalian install di XAMPP.

Laragon yang memiliki fitur Pretty URL yang ketika kalian menggunakan aplikasi ini maka kalian dapat mengakses project website melalui app.test sebagai ganti localhost/app. Baca : Bosan Ngoprek XAMPP Untuk Pengembangan Web Di Komputer Lokal, Coba Laragon, Siapa Tahu Kalian Jatuh Cinta Kepadanya.

Sehingga ketika kita di langkah Ketiga (3) memberikan nama project "wplab" maka Laragon akan membuat url untuk mengakses project yaitu http://wplab.test.

Ok, sekian dulu postingan tentang Cara Install Wordpress di Laragon, semoga ada manfaatnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk " Cara Install Wordpress di Laragon"

Berlangganan via Email