Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memproteksi Workbook (Proteksi Level Workbook) Pada File Excel

Apa kabar kalian semua pengunjung setia, pengunjung tidak setia atau pengunjung yang hanya sekedar kesasar sampai ke blog ini. Saya do'akan kalian semua selalu sehat, dan dalam keadaan terbaik hari ini dan selamanya... Aamiin. Selain itu mudah-mudahan kalian juga mendapat manfaat dari blog ini ya.

Di postingan sepelumnya saya sudah membahas tentang Cara Memproteksi File Excel atau Mengunci File Excel Dengan Password. Nah postingan tersebut mambahas proteksi di level file atau tingkat file, sehingga orang yang tidak punya password tidak bisa membuka file atau melihat isi file excel kalian. Bagi yang belum tau caranya silahkan buka Cara Memproteksi File Excel atau Mengunci File Excel Dengan Password.

Sedangkan di postingan kali ini saya akan membahas proteksi di level Workbook. Workbook itu bisa diartikan dengan area kerja yang terdiri dari kumpulan worksheet bisa 1 worksheet atau lebih yang didalamnya kita bisa melakukan bermacam aktifitas utama pada microsoft excel.



Fungsi Proteksi Level Workbook

Jika ditanya fungsi dari proteksi workbook pada Microsoft Excel, maka berikut ini jawabannya. Fungsi atau manfaat kita memproteksi Workbook dengan Password atau kata sandi adalah untuk mencegah pengguna file menambahkan sheet, memindahkan urutan sheet, menghapus sheet, menyembunyikan sheet, dan mengganti nama worksheet pada file excel kita.

Cara Memproteksi Workbook

Ok sekarang kita akan bahas bagaimana cara memproteksi atau mengunci workbook di Excel. Ikuti beberapa langkah di bawah ini:

Pertama (1) - Buka file Excel kalian atau buat file baru jika belum pernah memilikinya.
Kedua (2) - Silahkan kalian klik Tab Review > Group Changes, kemudian pilih menu Protect Workbook.
Menu Protect Workbook

Ketiga (3) -
Ketik password yang kalian inginkan, kemudian Centang (Checklist) pada Opsi Structure lalu Klik OK.

Keempat (4) - Masukkan kembali password yang sama (Confirm Password) lalu klik OK.


Sampai tahap ini proses proteksi workbook atau struktur workbook telah selesai. Silahkan kalian simpan file excel kalian, kemudian tutup Ms. Ecel kalian.

Untuk melihat hasilnya, silahkan kalian buka kembali file excel yang telah di proteksi struktur workbooknya.

Setelah terbuka filenya, coba klik kanan pada salah satu Nama Sheetnya, maka beberapa opsi akan dimatikan seperti terlihat pada gambar berikut ini.
Hasil Proteksi Struktur Workbook


Menghapus Proteksi Workbook atau Struktur Workbook

Baik, jika kalian berniat untuk menghapus proteksinya, kalian dapat mengulangi langkah 1 dan 2 kemudian kalian masukkan password kalian pada kotak dialog unprotect workbook. maka secara otomatis proteksi workbooknya akan terhapus dan pengguna kembali bisa melakukan beberapa opsi pada sheet-sheet di workbook kalian.

OK Sekian Cara Memproteksi Workbook File Excel (Proteksi Level Workbook) Pada Microsoft Excel, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini ya...


Posting Komentar untuk "Cara Memproteksi Workbook (Proteksi Level Workbook) Pada File Excel"