Widget HTML #1

Cara Menambahkan atau Install phpMyAdmin pada Laragon di Komputer Lokal

Seperti yang saya sedikit ulas di postingan sebelumnya bahwa Laragon ini secara default menggunakan HeidiSQL sebagai aplikasi pengelola databasenya. Laragon yang menjadi alternatif dari lingkungan pengembangan terkenal seperti XAMPP, MAMP dan WAMP ini tidak menyertakan phpMyAdmin namun menggantinya dengan menyertakan HeidiSQL. Sehingga bagi kalian yang mungkin sudah terbiasa menggunakan phpMyAdmin akan merasa aneh dengan ditiadakannya phpMyAdmin ini.

Tapi tenang, Laragon ini menyediakan sebuah cara untuk menambahkan phpMyAdmin pada aplikasinya. Pada postingan kali ini saya akan sharing tentang Cara Menambahkan atau Install phpMyAdmin pada Laragon di Komputer Lokal.



Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk Menambahkan atau Install phpMyAdmin pada Laragon di Komputer Lokal:

Pertama (1) - Pastikan kalian sudah menginstall Laragon pada komputer kalian. Jika kalian belum menginstall Laragon silahkan install dulu dengan mengikuti tutorial Cara Install Laragon.

Kedua (2) - Download phpMyAdmin melalui situs resminya di https://www.phpmyadmin.net/downloads.

Download phpMyAdmin

Ketiga (3) - Extrack file hasil download, kemudian rename folder menjadi phpMyAdmin, selanjutnya letakkan folder phpMyAdmin hasil extracknya ke dalam folder laragon laragon/etc/apps.

Folder phpMyAdmin

Keempat (4) - Jalankan Laragon, dan klik tombol Start All > klik kanan pada area aplikasi Laragon untuk menampilkan pengaturan aplikasi. Kemudian klik MySQL > phpMyAdmin, untuk membuka browser dan login ke phpMyAdmin.

phpMyAdmin di Laragon

Kelima (5) - Login ke phpMyAdmin dengan username: root dan password dikosongkan saja.

Login phpMyAdmin

Setelah kalian berhasil login, akan ditampilkan dashboard dari phpMyAdmin seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Dashboard phpMyAdmin

Sampai tahap ini kalian sudah berhasil menginstall atau memasang phpMyAdmin di Laragon. Dan phpMyAdmin siap digunakan untuk keperluan kalian membuat Database, tabel, relasi dan sebagainya.

Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat, dan jika ada pertanyaan, atau ingin memberikan kritik dan saran silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.