Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Membuat Program Sederhana Menggunakan Visual Basic 2012

Jika di postingan sebelumnya kalian sudah belajar menginstall Visual Basic 2012 dan mempraktekkannya di komputer kalian maka pada postingan kali ini saya berasumsi bahwa kalian sudah punya Visual Basic 2012 di komputer kalian dan siap digunakan untuk membuat Program Sederhana dengan mengikuti postingan ini. Namun jika kalian belum memilikinya silahkan kalian ikuti terlebih dahulu postingan saya sebelumnya tentang Cara Install Visual Basic 2012 atau Visual Basic .Net 2012 di Windows 10.

Program Sederhana yang akan saya contohkan pada tutorial kali ini adalah Program untuk menghitung luas segitiga (1/2 * alas * tinggi). Dalam tutorial ini akan dibagi menjadi beberapa tahapan yang sebaiknya dilakukan secara berurutan.

Beberapa tahapan yang dimaksud dalam tutorial membuat program sederhana menggunakan Visual Basic 2012 adalah sebagai berikut:
  1. Membuat Project Baru di Visual Basic 2012
  2. Membuat Tampilan Program Sederhana di Visual Basic 2012
  3. Memasukkan Kode Program Sederhana di Visual Basic 2012
  4. Menyimpan Program Sederhana di Visual Basic 2012
  5. Menjalankan Program Sederhana di Visual Basic 2012
Baik sekarang mari kita mulai tahap demi tahap cara membuat program sederhana menggunakan Visual Basic 2012.

Membuat Project Baru di Visual Basic 2012

Membuat project adalah tahap yang harus dilakukan setiap kali kita akan membuat program baru di Visual Basic. Adapun cara membuat project baru pada visual basic adalah sebagai berikut:

Pertama (1) - Jalankan Visual Studio 2012 melalui Icon Shortcut pada desktop kalian, atau kalian dapat menjalankannya dari menu Start Windows 10 kalian. Kamudian pada tampilan utama Visual Studio 2012 silahkan kalian klik New Project.

New Project Visual Studio 2012

Kedua (2) - Setelah muncul jendela New Project, pada kolom template silahkan pilih Visual Basic kemudian pada sub item di sebelah kanan kalian klik Windows Forms Application. Kemudian pada kolom Name ketik nama project kalian dengan nama "AppSegitiga" kemudian kalian klik OK.

Jendela New Project

Setelah kalian klik
OK, maka akan ditampilkan Project kalian dan akan ada 1 buah form kosong yang siap di modifikasi menjadi sebuah tampilan program sederhana.

Tampilan Project dan Form Visual Basic


Membuat Tampilan Program Sederhana di Visual Basic 2012

Setelah project kalian sudah selesai dibuat, selanjutnya kita akan membuat tampilan atau mendesain tampilan program sederhana. Setiap tampilan program kita akan kita desain pada form di project kita. Komponen-komponen program pada Visual Basic 2012 terkumpul dalam sebuah Toolbox. Kalian dapat menampilkan Toolbox  dengan mengklik di bagian kiri yang ada tulisan Toolbox, kemudian klik pada icon pin sehingga toolbox akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.


Tampilan Toolbox

Ok setelah toolbox sudah tampil seperti gambar di atas, selanjutnya kita akam mulai mendesain form program kita dengan beberapa tahapan berikut ini.

Pertama (1)Klik jendela Toolbox dan klik komponen Label, kemudian geser (drag) ke area Form Design, seperti paga cntoh gambar berikut ini.

Drag Label ke area Form Design


Kedua (2) - Kemudian kalian klik kembali komponen Label di jendela ToolBox dan geser kembali ke form design. Kemudian Label2 tersebut diletakkan di bawah Label1. Pada saat kalian meletakkan komponen Label2, kalian akan mendapat bantuan Snapshoot (berupa garis), sehingga kalian dapat dengan mudah meratakan objek satu dengan yang lainnya.

Jika sudah bisa lanjutkan dengan menambahkan label 1 lagi Label3 kedalam form design dan susun berurutan kebawah Label1, Label2, Label3.

Urutan Label dan Form Design

Ketiga (3) - Tambahkan 3 buah komponen TextBox, dan susun di sebelah Label yang sebelumnya telah kalian tambahkan.

Tambahkan TextBox pada Form Design

Keempat (4) - Tambahkan 2 buah komponen Button, dan susun di di bagian bawah komponen label dan textbox.


Kelima (5) - Selanjutnya kalian dapat mengatur properties dari masing-masing komponen yang sudah ada pada Form Design. Yang perlu diperhatikan adalah ketika komponen di klik (kondisi aktif) maka tampilan propertiesnya akan menyesuaikan (semua parameternya adalah untuk mengatur komponen yang sedang aktif). Sekarang silahkan klik komponen Label1 dan perhatikan bagian propertiesnya.

Jendela Properties

Parameter-parameter pada properties dapat diubah nilainya, untuk perubahan nilai di aplikasi sederhana kita kali ini ikuti tabel berikut ini.

Komponen

Parameter

Value/Nilai

Label1

Text

Alas

Label2

Text

Tinggi

Label3

Text

Luas

TextBox1

(Name)

txtAlas

TextBox2

(Name)

txtTinggi

TextBox3

(Name)

txtLuas

Button1

(Name)

btnHitung

Text

Hitung

Button2

(Name)

btnKeluar

Text

Keluar

Sehingga tampilan form menjadi seperti pada gambar berikut ini:

Tampilan Desain Form Program Sederhana

Sampai disini tahapan membuat form/tampilan program sudah selesai tinggal dilanjutkan dengan memasukkan kode-kode program supaya program dapat berfungsi sesuai dengan rencana yaitu menghitung luas segitiga.


Memasukkan Kode Program Sederhana di Visual Basic 2012

Kode program diperlukan untuk menjalankan logika program. Tanpa kode program maka aplikasi yang kita buat hanya sekedar desain aplikasi (form) dan tidak akan berfungsi apa-apa. Untuk itu tahapan ini adalah tahapan inti dari sebuah pemrograman.

Pada contoh membuat program sederhana ini kita akan menghitung luas segitiga dengan mengklik tombol Hitung (btnHitung) dengan menjalankan menghitung dari nilai alas dan tinggi yang telah ditentukan dari txtAlas dan txtTinggi, selanjutnya hasilnya akan dimunculkan pada txtLuas.

Kode program akan kita masukkan pada tombol Hitung dan Tombol Keluar untuk keluar dari program. Ikuti beberapa langkah berikut ini:

Pertama (1) - Klik 2x pada tombol Hitung pada Form Design, Sehingga kalian akan diarahkan ke tampilan koding seperti ini.

Area Kode Visual Basic 2012

Kedua (2) - Ketikkan kode program untuk tombol hitung seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Kode Program untuk Tombol Hitung


Ketiga (3) - Klik pada Tab Form Design, kemudian Klik 2x pada tombol Keluar (btnKeluar), kemudian masukkan kode program untuk tombol keluar.

Tab Form Design

Masukkan kode program untuk tombol keluar.

Kode Program Tombol Keluar


Sampai disini pembuatan kode program untuk program sederhana menghitung luas segitiga sudah selesai dan siap melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu menyimpan program sederhana di Visual Basic 2012.


Menyimpan Program Sederhana di Visual Basic 2012

Untuk menyimpan program sederhana kalian, silahkan kalian klik menu File > Save All, kemudian tentukan nama project dan tentukan posisi folder tempat menyimpan project kalian kemudian klik Save.

Menyimpan Program Sederhana di Visual Basic 2012

Setelah kalian berhasil menyimpan project kalian, kalian dapat langsung menjalankannya atau dapat juga sekedar mengecek folder projectnya di windows explorer.

Isi Folder Project AppSegitiga

Nah seperti itu isi project Program Sederhana yang telah berhasil kalian buat dan simpan. File yang saya beri tanda panah itu adalah file project (Microsoft Visual Studio Solution) yang nanti digunakan untuk membuka kembali project di Visual Basic 2012.

Menjalankan Program Sederhana di Visual Basic 2012

Sekarang saatnya kalian melihat hasil karya pemrograman kalian yaitu menjalankan program sederhana kalian.

Caranya silahkan kalian klik tombol dengan gambar tanda panah bertuliskan Start, yang ada di bagian toolbar.

Start Program

Aplikasi kalian akan berjalan dan kalian dapat memberikan nilai alas dan tinggi untuk dihitung dengan mengklik tombol Hitung.

Tampilan Program sedang Berjalan

Sekarang saya akan mencoba memberikan nilai Alas dan Tinggi kemudian mengklik tombol Hitung.

Proses Hitung Berhasil

Hasilnya adalah Luas akan muncul pada bagian txtLuas seperti yang tampil pada gambar di atas. Untuk keluar dari program AppSegitiga silahkan klik tombol Keluar.

OK Sekarang kalian sudah berhasil membuat aplikasi sederhana menggunakan Visual Basic 2012 atau Visual Basic .Net. Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.

Terima kasih...

Oh iya, saya juga punya playlist Video Pembelajaran/Tutorial Visual Basic .Net Dasar menggunakan Visual Basic 2010. Kalian bisa menonton dan menyimaknya di : https://www.youtube.com/watch?v=zz3moMF5vXU&list=PLUeMuy16FeOpzB7TPb6yUb30EBJO4DDbJ

Jangan lupa juga untuk share tutorial ini ataupun playlist video tutorial di youtube saya, jangan lupa juga untuk SUBSCRIBE :).

Terima kasih..

Posting Komentar untuk "Membuat Program Sederhana Menggunakan Visual Basic 2012"