Widget HTML #1

Mengintall Plugins atau Memasang Plugins Pada Quantum GIS (QGIS Desktop)

Plugins adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah kerja di beberapa Software termasuk pada Quantum GIS dalam melakukan akses, membuat, mengelola dan melakukan analisis data spasial untuk tujuan-tujuan yang lebih spesifik.


Untuk instalasi Quantum GIS (QGIS Desktop) sudah dibawah dalam postingan sebelumnya. Baca : Cara Install Aplikasi Quantum GIS (QGIS Desktop) di Windows 10

Pada postingan ini admin akan sharing cara mengintall Plugins pada Quantum GIS (QGIS Desktop). Untuk melakukannya silahkan mengikuti beberapa tahapan atau langkah berikut ini:

Pertama klik pada Menu Plugins, kemudian klik pada Manage and Install Plugins. Sebelumnya pastikan komputer kalian terkoneksi ke internet.



Setelah QGIS melakukan koneksi ke Repository Resmi, maka akan ditampilkan seperti pada gambar berikut ini.


Pada tampilan kotak dialog Plugins di atas, terdapat bebera tab, diantaranya : Tab All, Tab Installed, Tab Not Installed, Tab Install from ZIP dan Tab Settings. Selain itu juga terdapat kotak pecarian (Search). Berikut ini beberapa penjelasan beberapa tab tersebut.

Tab All

Menampilkan seluruh Plugins, baik yang sudah terinstal pada QGIS Desktop kita maupun Plugins yang belum terinstall atau yang tersedia pada Repositories Resmi. Untuk melihat plugins apa saja yang telah terinstal, kita dapat melihat tanda centang yang ada pada tampilan menu.

Tab Installed

Menampilkan semua plugins yang telah terinstal pada QGIS Desktop kita.

Tab Uninstalled

Menampilkan semua plugins yang belum terinstal pada QGIS Desktop kita dan tersedia di repositories resmi.

Tab Setting

Menampilkan konektifitas, tempat dimana plugins tersimpan dan dapat diakses oleh Komputer kita. Selain itu pada tab ini juga kita dapat mengatur untuk menampilkan plugins yang sudah tidak berlaku dan masih dalam pengembangan. Kita juga dapat mengatur apakah akan mendapat update terbaru dari plugins yang kita miliki. 

Search

Berfungsi untuk melakukan pencarian plugins yang kita inginkan.

Itulah beberapa penjelasan tentang kotak dialog Plugins pada QGIS Desktop dan beberapa Tab yang ada di dalamnya.

Sekarang kita akan mencoba melakukan instalasi salah satu Plugin yaitu InaSAFE. InaSAFE adalah Perangkat lunak (Plugins) gratis yang menghasilkan scenario realistis dampak bahaya bencana alam yang dapat membantu upaya perencanaan, kesiapsiagaan dan tanggap darurat yang lebih baik. InaSAFE ini dibuat oleh AusAid bersama BNPB.

Untuk menginstall InaSAFE, kita dapat mencarinya melalui kolom pencarian (search) dengan mengetikan InaSAFE.


Setelah ditemukan Plugin InaSAFE, selanjutnya pilih dan klik tombol Install Plugin.

Setelah proses instalasi selesai, akan tampil informasi seperti pada gambar berikut ini.


Kemudian kita bisa klik tombol Close pada kotak dialog Plugins untuk menutupnya.

Nah itulah cara menginstall Plugins pada Quantum GIS (QGIS Desktop). Mudah-mudahan bermanfaat...