Cara Upload Cohort Pada Moodle

Upload Cohort Pada CMS Moodle
Sebelumnya pada postingan Cara Membuat Cohort Pada Moodle Secara Manual, sudah dijelaskan apa itu cohort pada moodle. Nah.., pada postingan kali ini akan dijelaskan langkah demi langkah untuk upload cohort. Dengan upload cohort kita tidak perlu repot-repot menginputkan cohort satu per satu.

Berikut ini adalah langkah demi langkah upload cohort:

Pertama (1) - Untuk dapat upload cohort kita harus tau format data dalam file cohort yang dapat diterima oleh moodle. Berikut ini adalah format data cohort yang harus dibuat dalam file dengan extensi .csv.


name,idnumber,description
User Prodi A,PRDA,Menampung User Prodi A
User Prodi B,PRDB,Menampung User Prodi B
User Prodi C,PRDC,Menampung User Prodi C


Untuk membuatnya dapat menggunakan Notepad atau Notepad++ seperti gambar di bawah ini:
Format Data Upload Cohort
Kalau cara di atas masih susah, kita juga dapat membuatnya dengan excel, dengan membuat tabel seperti gambar di bawah ini:
Format Tabel Untuk Upload Cohort
Setelah tabel dilengkapi dengan data Cohort-nya, selanjutnya simpan tabel di excel dengan format CSV (Comma Delimeted) seperti gambar di bawah ini, untuk nama filenya silahkan disesuaikan dengan keinginan saja.

Simpan Data dengan type CSV (Comma Delimeted)
Setelah disimpan, silahkan buka file .csv nya menggunakan Notepad atau Notepad++ atau editor text lainnya. Pastikan pemisah kolomnya sudah menggunakan tanda "," atau tanda ";". semuanya bisa digunakan untuk upload cohort, namun ada penyesuaian pada saat uploadnya.

Kedua (2) - Login Sebagai Administrator Moodle, kemudian klik Site administration > Users > Accounts > Cohorts > Upload cohorts
Menu Upload Cohort
Ketiga (3) - Klik Choose a File untuk memilih file .csv yang telah dibuat sebelumnya. kemudian Upload this File, seperti diilustrasikan pada gambar berikut ini:
Pilih File Cohort Untuk Di Upload
Keempat (4) - Pilih CSV delimiter, sesuai dengan format data pada file cohortnya "," atau ";" kemudian klik Preview.
Memilih Format CSV Delimeter
Kelima (5) - Anda juga dapat memilih Default Context berdasarkan kategori yang telah dibuat (silahkan disesuaikan) , atau biarkan default saja juga tidak apa-apa. Jika tampilan preview-nya sudah sesuai, anda dapat klik Upload Cohorts.
Klik Upload Cohort
Keenam (6) - Klik Continue
Cohort Berhasil di Upload.
Sampai disini proses upload cohort sudah selesai, dan untuk melihat hasil uploadnya silahkan klik All Cohorts.

Demikian Cara Upload Cohort Pada Moodle, dan Selamat mencoba....

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar pada "Cara Upload Cohort Pada Moodle"

Posting Komentar