Widget HTML #1

Menambahkan Siswa pada Kursus atau Mata Pelajaran di Moodle

Kursus (course) pada moodle merupakan sebuah kelas pada sebuah mata pelajaran. Dalam mata pelajaran dapat dibagi menjadi beberapa kelas, dengan guru dan siswa yang berbeda pada masing-masing kelas. Seorang guru dapat mengelola kelas, memberikan materi ke siswa, memberikan tugas, kuis, diskusi dan ujian kepada siswa di kelas yang dikelolanya.

Pada moodle pembuatan kelas atau mata pelajaran dapat dilakukan dengan cara membuat kursus (course) pada postingan sebelumnya tentang Cara Membuat Kursus Pada E-Learning Berbasis Moodle. Sedangkan untuk menambahkan pengajar (guru) pada kursus atau mata pelajaran, dapat dilakukan dengan mengikuti postingan berikut Menambahkan Pengajar Pada Kursus atau Mata Pelajaran di Moodle. Pada postingan kali ini saya akan sharing tentang cara menambahkan siswa sebagai peserta kelas atau peserta kursus / mata pelajaran.

Siswa dan Guru pada moodle dapat ditambahkan dari semua user moodle yang telah terdaftar. Jadi sebelum menambahkan siswa atau guru pastikan sudah menambahkan user moodle, jika ingin menambahkan user secara massal dapat mengikuti tutorial sebelumnya di Cara Upload User Secara Massal pada Moodle.

Oke, sekarang kita akan menambahkan siswa pada kelas / kursus / mata pelajaran pada moodle. Untuk menambahkan siswa dapat dilakukan oleh admin moodle atau oleh pengajar pada kursus tertentu. Berikut ini langkah demi langkah untuk menambahkan siswa pada kursus yang dilakukan oleh pengajar/guru.

Pertama (1) - Login sebagai Pengajar. Setelah login sebagai pengajar moodle akan menampilkan daftar kursus yang di ajar oleh pengajar tersebut seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Daftar Kursus yang Diajar oleh Guru

Kedua (2) - Masuk pada kursus yang ingin dikelola, dengan mengklik nama kursus, misalkan jaringan komputer, sehingga ditampilkan halaman kursus yang dipilih.
Halaman Kursus Moodle

Ketiga (3) - Untuk menambahkan siswa atau peserta kursus, silahkan klik menu Participants > Enroll Users
Enroll Users

Keempat (4) - Pilih user dengan mencarinya pada kolom Select users, seletah semua siswa yang ingin dimasukkan sebagai peserta pada kursus dipilih, selanjutnya pada Assign role pilih Student, kemudian klik tombol Enroll selected users and cohorts. (jika sebelumnya telah mengelola cohort, maka dapat memilih cohort yang sesuai)
Enroll Users Siswa

Jika proses dilakukan dengan benar, maka di menu Participants akan menampilkan daftar user siswa dan guru pada kelas / kursus seperti berikut :
Daftar siswa dan guru pada kursus

Sampai disini proses penambahan siswa pada kursus sudah selesai dan berikutnya guru dan siswa dapat berinteraksi pada kursus. Oh iya selain guru, Admin moodle juga dapat menambahkan siswa pada kursus-kursus yang ada di moodle. Seorang guru juga dapat mengizinkan users moodle untuk bergabung sendiri ke kursus/kelasnya, untuk pengaturannya insyaAllah akan saya tulis di postingan berikutnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...