Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memproteksi Worksheet (Proteksi Level Worksheet) Pada File Microsoft Excel

Mengulas kembali bahwa proteksi pada Microsoft Excel memiiki 3 level yaitu level file, level workbook dan level worksheet. Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas Cara Memproteksi File Excel atau Mengunci File Excel Dengan Password dan Cara Memproteksi Workbook (Proteksi Level Workbook) Pada File Excel.

Kali ini saya akan membahas proteksi pada level Worksheet. Worksheet adalah bagian dari workbook yang kalau diibaratkan sebuah buku adalah workbook dan worksheet adalah lembaran-lembaran pada buku tersebut. Sebuah Worksheet terdiri dari baris dan kolom. Baris diberi nama yang diawali dengan 1, 2, 3 dst. Sedangkan kolom diberi nama dengan abjad A, B, C dan seterusnya. Sedangkan pertemuan baris dan kolom disebut dengan sel (cell) yang namanya diambil dari nama kolom dan baris seperti, A1, A2, B1, B2 dan seterusnya.



Proteksi pada level worksheet ini bertujuan untuk mencegah pengguna melakukan banyal hal terkait struktur maupun isi sebuah sheet excel. Seperti mencegah atau mengijinkan seleksi sel/range, menambahkan atau menghapus baris dan kolom, memformat sel/baris/kolom, melakukan shortir, mencegah penggunaan auto filter, mencegah edit object dan lain sebagainya.

Memproteksi Worksheet

Baik, berikut ini beberapa langkah untuk Memproteksi Worksheet (Proteksi Level Worksheet) Pada File Microsoft Excel.

Pertama (1) - Buka file excel yang sudah kalian miliki, atau buat file dan data baru anda jika belum memiliki sebelumnya.

Kedua (2) - Selanjutnya silahkan klik Tab Review > Group Changes kemudian pilih menu Protect Sheet

Langkah-Langkah Proteksi Sheet

Ketiga (3) - Masukkan Password, kemudian centang opsi pada Allow all users of this worksheet to, untuk mengizinkan pengguna melakukan sesuatu pada opsi tersebut, seperti format cells, format columns dll.

Keempat (4) - Jika opsi sudah dipilih, tinggal kalian klik OK.

Kelima (5) - Masukkan kembali password yang sama (confirm password) lalu klik OK.



Sampai langkah kelima, proses proteksi Worksheet sudah selesai.


Untuk melihat hasil proteksi worksheet ini kalian bisa mencoba untuk memasukkan sesuatu pada cell, dan perhatikan apa yang terjadi.

Seharusnya kalian akan melihat hasil seperti pada contoh gambar berikut ini.

Pesan Sheet Diproteksi


Menghapus Proteksi Worksheet

Jika kalian ingin menghapus proteksi worksheet dari file Excel kalian, Kalian bisa melakukannya dengan beberapa langkah berikut ini.

Pertama (1) - Buka file excel kalian yang telah dipeoteksi sebelumnya.

Kedua (2) - Selanjutnya silahkan klik Tab Review > Group Changes kemudian pilih menu Unprotect Sheet

Ketiga (3) - Masukkan password kalian dan klik OK.



OK, sampai disini kalian sudah bisa memproteksi dan menghapus proteksi worksheet di Microsoft Excel.

Mudah-mudahan ada manfaatnya dan jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Memproteksi Worksheet (Proteksi Level Worksheet) Pada File Microsoft Excel"

Berlangganan via Email