Widget HTML #1

Membuat Lembar Rencana Kegiatan (Time Schedule) Penelitian Skripsi Menggunakan Excel

Sering-seringlah ke kampus siapa tau disuruh wisuda.. :) Halo mahasiswa semester akhir yang sedang sibuk menyusun skripsi atau yang masih sibuk mencari judul penelitian atau yang sedang proses bimbingan skripsi. Menyusun skripsi itu kadang memang membosankan, apalagi banyaknya aturan dalam penulisan dan juga kita diatur-atur dengan format halaman demi halaman di skripsi. 

Membuat Lembar Rencana Kegiatan (Time Schedule) Penelitian Skripsi Menggunakan Excel
Lembar Rencana Kegiatan Penelitian

Jika sebelumnya saya pernah membahas tentang Membuat Halaman Judul atau Cover Skripsi/Makalah/Laporan Yang Rapi di Microsoft Word, dan juga tentang Membuat Halaman Pengesahan Skripsi yang Rapi di Microsoft Word, kali ini waktunya membahas tentang Membuat Lembar Rencana Kegiatan (Time Schedule) Penelitian Skripsi Menggunakan Excel.

Fungsi Rencana Kegiatan (Time Schedule)

Rencana Kegiatan (Time Schedule) dalam penelitian skripsi digunakan untuk mengendalikan pelaksanaan penelitian secara menyeluruh agar pelaksanaan penelitian tersebut berjalan dengan lancar. Untuk format Rencana Kegiatan (Time Schedule)  ini bermacam-macam, intinya jika kalian gunakan untuk skripsi, silahkan kalian ikuti aturan yang ada di kampus kalian masing-masing.

Cara Membuat Membuat Lembar Rencana Kegiatan (Time Schedule)

Pertama (1) Silahkan kalian buka Microsoft Excel kemudian buat Workbook (Buku Kerja) Baru, sehingga tampilan awal seperti ini.

Buku Kerja Baru
Buku Kerja Baru

Kedua (2) Ketik Judul, dan keterangan identitas serta judul skripsi kalian mulai dari cell A1 dan seterusnya seperti contoh pada gambar berikut ini.

Judul dan Identitas Skripsi
Judul dan Identitas Skripsi

Ketiga (3) Buat Tabel Rencana Kegiatan mulai dari Cell A9 dan seterusnya. 

Untuk kolom-kolomnya menyesuaikan dengan format yang ditentukan di tempat masing-masing ya. Ini untuk format seperti yang saya contohkan di atas.

Membuat Kolom Tabel Rencana Kegiatan
Membuat Kolom Tabel Rencana Kegiatan

Nama-nama bulan silahkan disesuaikan dan juga banyaknya kolom bulan misal ada yang 6 bulan dan sebegainya. Untuk jumlah minggu juga silahkan disesuaikan berdasarkan kalender, mungkin ada yang 5 minggu dalam bulan tertentu. 

Keempat (4) Jika sudah silahkan lakukan pengaturan lebar kolom dengan menyeleksi kolom mulai dari kolom C sampai kolom terakhir yang kalian sudah isi lalu klik kanan pilih Column Width dan isikan angka 4, atau sesuai dengan keinginan kalian, sehingga menjadi seperti gambar berikut ini.

Pengaturan Lebar Kolom
Pengaturan Lebar Kolom

Kelima (5) Berikutnya tinggal kalian isi nomor dan item pada kegiatan penelitian sesuai keinginan, kemudian  kalian atur Merge Cell yang dibutuhkan dan juga pemberian border/garis tabel. Sehingga menjadi seperti berikut ini.

Format Tabel Rencana Kegiatan
Format Tabel Rencana Kegiatan

Keenam (6) Tambahkan tempat tanda tangan kalian jika dibutuhkan.

Tempat Tanda Tangan
Tempat Tanda Tangan

Ketujuh (7) Silahkan berikan warna-warna yang cocok untuk masing-masing cell sesuai jadwal penelitian kalian masing-masing dengan cara klik cell-nya kemudian pilih warna pada fill color.

Pemberian Warna Cell
Pemberian Warna Cell

Lanjutkan untuk semua cell yang kalian inginkan, sehingga hasil akhir akan seakan menjadi seperti berikut ini.

Hasil Lembar Rencana Kegiatan
Hasil Lembar Rencana Kegiatan

Selanjutnya tinggal di cetak, untuk mencetak saya yakin kalian sudah bisa semua. Namun jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.

Demikian Cara Membuat Lembar Rencana Kegiatan (Time Schedule) Penelitian Skripsi Menggunakan Excel. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ingin mendownload format Excel ini silahkan klik DOWNLOAD.

Terima kasih.